PERAN SEKRETARIAT DEWAN DALAM MEMBANTU PELAKSANAAN ADMINISTRASI FUNGSI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN BARITO TIMUR.

Nursulistio, Nursulistio (2023) PERAN SEKRETARIAT DEWAN DALAM MEMBANTU PELAKSANAAN ADMINISTRASI FUNGSI DEWAN PERWAKILAN RAKYAT DAERAH KABUPATEN BARITO TIMUR. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ilovepdf_merged.pdf

Download (180kB)
[img] Text
WhatsApp Image 2023-10-09 at 14.03.27 (2).pdf

Download (69kB)
[img] Text
Abstrak Nursulistio1 .pdf

Download (30kB)

Abstract

Sebagaimana diatur dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2014 Tentang Pemerintahan Daerah, bahwa Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) dan Kepala Daerah memiliki kedudukan yang setara dan bersifat kemitraan. Dalam kedudukan kerja yang setara tersebut tidak hanya terkandung makna kesetaraan dalam hal otoritas tetapi semestinya juga setara dalam hal tanggung jawab dan kapasitas dalam memastikan proses pemerintahan dan pembangunan berjalan dengan baik. Posisi DPRD dalam pemerintahan daerah memegang tiga peranan penting yakni, legislasi, anggaran dan pengawasan. Dalam hal ini, berdasarkan tugas pokok dan fungsi dari sekretariat DPRD dituntut untuk memberikan pelayanan yang profesional dan berkualitas untuk mendukung fungsi DPRD sebagai wakil rakyat yang menyerap aspirasi rakyat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis, mengetahui tentang peran Sekretariat Dewan dan faktor apa yang menjadi kendala dalam membantu pelaksanaan administrasi fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Timur. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah deskriptif kualitatif. Penelitian ini dilakukan pada kantor Sekretariat Dewan Kabupaten Barito Timur dengan informan 10 (sepuluh) orang Pejabat/ Staf di lingkungan Sekretariat Dewan Kabupaten Barito Timur yang terdiri dari informan kunci yaitu Sekretaris Dewan, Kepala Bagian Umum, dan Kepala Bagian Persidangan dan Produk Hukum yang keseluruhannya berjumlah 3 (tiga) orang, sedangkan informan utama yaitu Staf di Lingkungan Sekretariat Dewan Kabupaten Barito Timur sebanyak 7 (tujuh) orang. Dari hasil penelitian ini dapat diperoleh bahwa dalam pelaksanaan fungsi perwakilan DPRD Kabupaten Barito Timur, Sekretariat Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Timur ternyata sudah cukup baik yang berkaitan dengan pertanggungjawaban kinerja staf terhadap rencana kerja, kesesuaian antara pelaksanaan dengan standar prosedur penerapan, dengan program yang memberikan hasil yang optimal dan kewajiban dari institusi atau aparat yang bekerja di dalamnya untuk membuat kebijakan atau melakukan tindakan yang sesuai dengan nilai yang berlaku maupun kebutuhan masyarakat. Adapun faktor yang menjadi kendala Sekretariat Dewan Kabupaten Barito Timur dalam membantu fungsi Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Kabupaten Barito Timur adalah dilihat dari Sekretariat DPRD Kabupaten Barito Timur seperti dari segi pembagian kerja atau spesialisasi dan koordinasi yang harus ditingkatkan lagi

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sekretariat Dewan, Pelaksanaan Administrasi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 14 Oct 2023 02:10
Last Modified: 14 Oct 2023 02:13
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18074

Actions (login required)

View Item View Item