HUBUNGAN SARANA KETERSEDIAAN AIR BERSIH, PERILAKU IBU, KEPEMILIKAN JAMBAN DENGAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH PUSKESMAS TAMIANG LAYANG TAHUN 2020

Wahyudi, Fajrul (2023) HUBUNGAN SARANA KETERSEDIAAN AIR BERSIH, PERILAKU IBU, KEPEMILIKAN JAMBAN DENGAN DIARE PADA BALITA DI WILAYAH PUSKESMAS TAMIANG LAYANG TAHUN 2020. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Fajrul Wahyudi.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Pengesahan Fajrul.pdf

Download (524kB)
[img] Text
Pernyataan Fajrul.pdf

Download (973kB)

Abstract

Diare merupakan salah satu penyakit yang masih menjadi isu prioritas utama di wilayah pasifik, termasuk negara Indonesia. Kejadian diare erat kaitannya dengan air bersih dan perilaku hygiene. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan sarana ketersediaan air bersih, perilaku ibu, kepemilikan jamban dengan diare pada balita di wilayah Puskesmas Tamiang Layang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu yang mempunyai balita di wilayah Puskesmas Tamiang Layang berjumlah 525 orang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah proportional random sampling. Sampel dalam penelitian ini yang berjumlah 90 orang. Analisis data menggunakan uji statistik chi square dan fisher’s exact test. Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan antara sarana ketersediaan air bersih dengan diare pada balita (p-value=0,015), ada hubungan antara perilaku ibu dengan diare pada balita (p-value=0,000), dan ada hubungan antara kepemilikan jamban dengan diare pada balita (p-value=0,015). Puskesmas selalu memberikan penyuluhan kesehatan terutama kesehatan lingkungan dan perilaku hidup bersih dan sehat kepada masyarakat di wilayah Puskesmas Tamiang Layang.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Sarana, Ketersediaan Air Bersih, Perilaku Ibu, Kepemilikan Jamban, Diare Pada Balita.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 13 Jan 2024 03:55
Last Modified: 13 Jan 2024 03:55
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18110

Actions (login required)

View Item View Item