PENGARUH PENGGUNAAN KEONG RAWA (Pomacea paludosa ) YANG DIRENDAM DENGAN ENZIM BROMELIN DALAM RANSUM TERHADAP KUALITAS ORGANOLEPTIK DAGING ITIK ALABIO JANTAN

Wahyuni, Sri (2023) PENGARUH PENGGUNAAN KEONG RAWA (Pomacea paludosa ) YANG DIRENDAM DENGAN ENZIM BROMELIN DALAM RANSUM TERHADAP KUALITAS ORGANOLEPTIK DAGING ITIK ALABIO JANTAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Halaman Pengesahan Yuni.pdf

Download (365kB)
[img] Text
Pernyataan Tidak Plagiasi Yuni.pdf

Download (124kB)
[img] Text
ARTIKEL YUNI_120334.pdf

Download (483kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penggunaan keong rawa yang direndam dengan enzim bromelin dalam ransum terhadap kualitas organoleptik daging itik alabio jantan.. Selain itu juga diharapkan dapat berguna sebagai tambahan informasi bagi penulis sendiri, peternak itik dan pihak yang ingin menggunakan keong rawa yang direndam dengan enzim bromelin dalam ransum sebagai pakan alternatif. Penelitian ini menggunakan Rangkaian Acak Lengkap (RAL), dengan 5 perlakuan dan 4 ulangan. Perlakuan dilakukan dengan penambahan keong rawa yang telah direndam selama 3 jam pada pakan basal dengan masing masing perlakuan sebesar 0%, 2,5%, 5%, 7,5%, dan 10%. Data hasil penelitian ini dianalisis dengan menggunakan uji Kruskal Wallis dan uji Mann Whiteney. Hasil penelitian menunjukan bahwa penggunaan keong rawa yang direndam dengan enzim bromelin tidak berpengaruh nyata terhadap Kualitas Uji Organoleptik warna, bau dan tekstur Daging itik Alabio jantan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Keong Rawa, Enzim Bromelin, Itik Alabio Jantan, Uji Organoleptik Daging Itik.
Subjects: S Agriculture > SF Animal culture
Depositing User: Sri Wahyuni
Date Deposited: 18 Oct 2023 05:36
Last Modified: 18 Oct 2023 05:36
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18138

Actions (login required)

View Item View Item