ANALISIS STRATEGI PEMASARAN ISLAMI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MANDAI KHAS BATU MANDI (STUDI KASUS DESA RIWA KECAMATAN BATU MANDI KABUPATEN BALANGAN)

Saputra, Hadi (2023) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN ISLAMI DALAM MENINGKATKAN PENJUALAN MANDAI KHAS BATU MANDI (STUDI KASUS DESA RIWA KECAMATAN BATU MANDI KABUPATEN BALANGAN). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak hadi.pdf

Download (40kB)
[img] Text
Pengesahan Pembimbing Hadi.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Hadi.pdf

Download (1MB)

Abstract

Abstract Mandai adalah istilah yang digunakan untuk merujuk pada kulit cempedak yang telah mengalami proses fragmentasi. Dalam Islam, perdagangan diatur dengan baik dan sesuai dengan prinsip-prinsip kesepakatan bersama. Dalam konteks meningkatkan penjualan dari perspektif pemasaran Islami, upaya untuk meningkatkan penjualan harus memperhatikan unsur-unsur halal dan persetujuan bersama. Penelitian ini bertujuan untuk memahami strategi pemasaran Islami dan langkah-langkah untuk meningkatkan penjualan di Toko Mandai di Desa Riwa, Kecamatan Batu Mandi. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan penekanan pada deskripsi. Jenis penelitian ini termasuk dalam kategori penelitian lapangan yang melibatkan teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi.. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa:1). Pemilik Toko Mandai menggunakan strategi pemasaran Islami yaitu BauranPemasaran (Marketing Mix) 4P yang terdiri dari strategi produk (product), yaitu dengan menjual produk yang halal, bersih dari najis, dan mendapatkan izin dari LPPOM MUI. Untuk strategi harga (price) yaitu dengan menetapkan harga yang standar, sesuai dengan harga pasar pada umumnya serta perbedaan harga yang ditetapkan dipengaruhi oleh biaya bahan pokok dan produksi. Sedangkan untuk strategi tempat (place) yaitu toko untuk berjualan sangat strategis karena bertepatan dengan pinggir jalan A.Yani,dimana banyak pengendara melewati jalur tersebut dan untuk strategi promosi (promotion) yaitu pemilik toko masih dominan metode konvensional dengan. 2). Pemilik Toko Mandai dalam meningkatkan penjualan yaitu dengan metode konvensional yaitu dengan berjualan langsung ditoko,kemudian ada juga yang melakukan penjualan ke toko-toko kecil yang belum berjualan mandai,sedangkan metode media sosial yang digunakan yaitu facebook,Instagram serta whatsapp.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Mandai, Strategi Pemasaran Islami
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HF Commerce
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: Hadi Saputra
Date Deposited: 20 Oct 2023 02:30
Last Modified: 20 Oct 2023 02:30
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18141

Actions (login required)

View Item View Item