EFEKTIVITAS IKAN GUPPY (Poecilia reticulata) DAN IKAN MANFISH (Pterophyllum scalare) SEBAGAI PREDATOR LARVA NYAMUK Aedes aegypti. DI UPTD LABORATORIUM LINGKUNGAN DINAS PERUMAHAN, KAWASAN PEMUKIMAN DAN LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA TAHUN 2023

ANSHARI, MUHAMMAD HIFZHI (2024) EFEKTIVITAS IKAN GUPPY (Poecilia reticulata) DAN IKAN MANFISH (Pterophyllum scalare) SEBAGAI PREDATOR LARVA NYAMUK Aedes aegypti. DI UPTD LABORATORIUM LINGKUNGAN DINAS PERUMAHAN, KAWASAN PEMUKIMAN DAN LINGKUNGAN HIDUP KABUPATEN HULU SUNGAI UTARA TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (526kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Penelitian.pdf

Download (269kB)
[img] Text
Lembar Keaslian Penelitian.pdf

Download (213kB)

Abstract

Dinas Kesehatan Kabupaten Hulu Sungai Utara menyatakan dalam rentang waktu Januari sampai dengan Februari 2023 ini sudah tercatat 63 kasus DBD. Maka dapat dipahami dari data tersebut ada peningkatan kasus dalam rentang waktu satu bulan. Hal ini menjadi suatu problem kesehatan masyarakat Kabupaten Hulu Sungai Utara. Salah satu upaya pengendaian penyakit demam berdarah bisa dengan melakukan pembatasan vektor. Pengendalian vektor secara biologis merupakan pengendalian vektor yang memanfaatkan preadator larva yang salah satunya adalah ikan hias. Dengan hal itu ikan yang paling cocok yaitu ikan yang hidup di air tawar seperti ikan Guppy (Poecilia reticulate) dan ikan Manfish (Pterrophylum spesies). Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektivitas ikan Guppy (Poecilia reticulata) dan ikan Manfish (Pterophyllum scalare) sebagai predator larva nyamuk Aedes aegypti. Metode yang digunakan adalah metode true eksperimen dengan desain post test only control group design. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara pengamatan data dan pengolahan data. Aanalisis data dilakukan dengan menggunakan uji Independent T Test. Hasil penelitian ini dapat dilihat dari hasil uji Independent T Test yang menghasilkan nilai Sig, 0,000 yang berarti adanya perbedaan rata-rata antara jumlah larva nyamuk yang dimakan ikan Guppy dan Ikan Manfish. Berdasarkan hasil uji analisis data dapat diketahui bahawa ikan Manfish lebih efektif sebagai predator larva nyamuk Aedes aegypti dimasyarakat. Saran penelitian ini adalag diharapkan dapat melakukan pengamatan dengan metode dan rancangan penelitisn yang berbeda dan lebih memperhatikan rentang atau jeda waktu pengaamatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: ikan guppy, ikan manfish, larva Aedes aegypti
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA1001 Forensic Medicine. Medical jurisprudence. Legal medicine
Depositing User: Muhammad Hifzhi Anshari
Date Deposited: 12 Feb 2024 05:07
Last Modified: 12 Feb 2024 05:07
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18157

Actions (login required)

View Item View Item