APLIKASI PENERIMAAN BANTUAN SOSIAL DAN MONITORING PENDISTRIBUSIAN BANTUAN BERBASIS WEB PADA DINAS SOSIAL KOTA BANJARMASIN

Fahmi, Nazwar (2023) APLIKASI PENERIMAAN BANTUAN SOSIAL DAN MONITORING PENDISTRIBUSIAN BANTUAN BERBASIS WEB PADA DINAS SOSIAL KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (218kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (65kB)
[img] Text
ARTIKEL_Nazwar Fahmi_17630537.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perkembangan teknologi tidak hanya bermanfaat bagi perusahaan, tetapi juga mendukung aktivitas pemerintah. Aktivitas pemerintah tidak hanya terbatas pada pembangunan fisik, tetapi juga mencakup kegiatan administrasi yang berhubungan dengan masyarakat. Bantuan sosial merupakan pemberian berupa uang atau barang dari Pemerintah Daerah kepada individu, keluarga, kelompok, atau masyarakat yang sifatnya tidak berkelanjutan dan selektif, dengan tujuan melindungi terhadap risiko sosial yang mungkin terjadi pada masyarakat. Dinas Sosial Kota Banjarmasin adalah unit kerja yang bergerak dalam bidang pelayanan sosial. Proses pengolahan data bantuan sosial di Dinas Sosial masih menggunakan sistem manual, yang dianggap kurang efektif dan efisien. Hal ini mengakibatkan penyajian informasi atau laporan menjadi lambat dan kurang akurat. Selain itu, ketidakadanya sistem keamanan mengakibatkan data yang berkaitan dengan data donasi sosial di Dinas Sosial menjadi tidak aman dan rentan terhadap tindakan manipulasi data oleh pihak yang tidak berwenang. Metodologi perancangan yang digunakan melibatkan pendekatan analisis UML (Unified Modeling Language) dan metode pengembangan sistem menggunakan model air terdiri dari analisis kebutuhan sistem, desain sistem, pengembangan kode, pengujian sistem, serta pemeliharaan sistem. Hasil dari penelitian ini adalah aplikasi penerimaan bantuan sosial yang memudahkan dalam pendataan penerima bantuan dalam menyelesaikan tugasnya, dengan menggunakan sistem berbasis web yang dapat diakses oleh Dinas Sosial dan Kecamatan di mana pun mereka berada.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Teknologi; Bantuan Sosial; UML; Waterfall
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Nazwar Fahmi
Date Deposited: 24 Oct 2023 05:02
Last Modified: 24 Oct 2023 05:02
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18183

Actions (login required)

View Item View Item