ANALISIS YURIDIS KESEJAHTERAAN BAGI PEKERJA TERHADAP PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU (PKWT) BERDASARKAN UU NOMOR 13 TAHUN 2003

Meiliawati, Meiliawati (2023) ANALISIS YURIDIS KESEJAHTERAAN BAGI PEKERJA TERHADAP PERJANJIAN KERJA WAKTU TERTENTU (PKWT) BERDASARKAN UU NOMOR 13 TAHUN 2003. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak MEILIAWATI.pdf

Download (83kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (270kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (239kB)

Abstract

Tujuan survei adalah untuk memperjelas hak dan kewajiban pekerja dan pengusaha berdasarkan Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. Apa saja perlindungan hukum bagi tenaga honorer tertentu berdasarkan UU Ketenagakerjaan No 13 Tahun 2003? Penelitian hukum yang dilakukan melalui penelitian bahan kepustakaan kadang disebut penelitian hukum preskriptif atau penelitian hukum kepustakaan. Penelitian sastra merupakan metode tunggal yang digunakan dalam penelitian normatif. Penelitian hukum normatif atau pendidikan adalah penelitian hukum yang menggunakan sumber data. Kedudukan PWKT dalam UU No. 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan juga merinci tentang hubungan kerja waktu tertentu, yaitu hubungan kerja waktu tertentu (PKWT). Pada prinsipnya, kontrak kerja waktu tertentu dapat dibuat berdasarkan ketentuan Pasal 56(2) UU Ketenagakerjaan No. 13/2003. Atau selesaikan tugas tertentu. Menurut ketentuan Undang-undang Ketenagakerjaan, ada dua jenis kontrak kerja yang diatur oleh undang-undang: PKWTT dan PKWT. PKWT sendiri sesuai dengan Pasal 57 Kitab Undang-Undang Ketenagakerjaan, sebuah perjanjian tertulis yang dibuat dalam bahasa Indonesia dan huruf Latin. Ada aspek yang tidak teratur dalam pelaksanaan TPK ini, dan karena kekurangan tenaga kerja dan meluasnya penggunaan, masih banyak perusahaan yang tidak membuat kontrak kerja tertulis, atau tidak menyiapkannya dan membuat kontrak kerja lisan. Kita tidak bisa menyangkal hal itu. Berdasarkan kepercayaan. Posisi PWKT juga didukung oleh PP No. 35 Tahun 2021, Peraturan tentang Pengaturan Waktu Kerja Tetap, Outsourcing, Jam Kerja dan Istirahat, dan Pemutusan Hubungan Kerja, di mana Peraturan menyediakan karyawan atau pemberi kerja dengan aturan dan mekanisme terkait dibahas .

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perjanjian Kerja Waktu Tertentu, UU Nomor 13 Tahun 2003
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Meiliawati
Date Deposited: 27 Oct 2023 02:47
Last Modified: 27 Oct 2023 02:47
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18191

Actions (login required)

View Item View Item