PELAKSANAAN KEGIATAN TARI MANASAI SETIAP HARI JUMAT PAGI DALAM UPAYA MELESTARIKAN KEARIFAN LOKAL DI SDN 3 SELAT HILIR KUALA KAPUAS

Putri, Rida Cahyani (2023) PELAKSANAAN KEGIATAN TARI MANASAI SETIAP HARI JUMAT PAGI DALAM UPAYA MELESTARIKAN KEARIFAN LOKAL DI SDN 3 SELAT HILIR KUALA KAPUAS. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ARTIKEL RIDA CAHYANI PUTRI.pdf

Download (40kB)
[img] Text
Pengesahan RIDA.pdf

Download (114kB)
[img] Text
pernyaataan.pdf

Download (204kB)

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pelaksanaan kegiatan tari manasai setiap hari Jumat pagi dalam upaya melestarikan kearifan lokal di SDN 3 Selat Hilir Kuala Kapuas. Adapun tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pelaksanaan kegiatan tari manasai setiap hari Jumat pagi dalam upaya melestarikan kearifan lokal di SDN 3 Selat Hilir Kuala Kapuas. Mengetahui faktor yang mempengaruhi pelaksanaan kegiatan tari manasai setiap hari Jumat pagi dalam upaya melestarikan kearifan lokal di SDN 3 Selat Hilir Kuala Kapuas. Subjek pada penelitian ini yaitu satu orang kepala sekolah SDN 3 Selat Hilir, tiga orang guru SDN 3 Selat Hilir, dan enam orang siswa yang mengikuti kegiatan tari manasai. Sedangkan yang menjadi objek penelitian yaitu pelaksanaan kegiatan tari manasai setiap hari Jumat pagi dalam upaya melestarikan kearifan lokal di SDN 3 Selat Hilir Kuala Kapuas. Jenis penelitian ini yaitu penelitian lapangan yang dilakukan dengan menggunakan pendekatan kualitatif yakni pendekatan yang lebih menekankan analisisnya pada proses penyimpulan secara induktif serta analisis terhadap dinamika hubungan antara fenomena yang diamati dengan menggunakan logika. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan kegiatan tari manasai setiap hari Jumat pagi dalam upaya melestarikan kearifan lokal di SDN 3 Selat Hilir Kuala Kapuas terlaksana dengan baik dapat dilihat dari antusias siswa yang tinggi dalam mengikuti kegiatan tersebut, serta tertanamnya pengetahuan, nilai-nilai dan rasa cinta terhadap kearifan budaya lokal khususnya tari manasai tersebut. Faktor yang mempengaruhi kegiatan tari manasai yaitu antusias siswa, peran guru dan prasarana dalam kegiatan tersebut.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pelaksanaan, Tari Manasai, Kearifan Lokal
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 30 Dec 2023 03:43
Last Modified: 30 Dec 2023 03:43
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18219

Actions (login required)

View Item View Item