STRATEGI PENYIARAN RADIO LOKAL DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI (STUDI KASUS KUALITATIF PADA RADIO SEHATI ANJIR 88.9 FM)

Hamidah, Hamidah (2023) STRATEGI PENYIARAN RADIO LOKAL DALAM MENARIK MINAT PENDENGAR SEBAGAI UPAYA MEMPERTAHANKAN EKSISTENSI (STUDI KASUS KUALITATIF PADA RADIO SEHATI ANJIR 88.9 FM). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (40kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (401kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN SKRIPSI.pdf

Download (294kB)

Abstract

Pesatnya perkembangan teknologi sekarang ini membuat persaingan antar media pun semakin kuat, baik massa maupun internet, termasuk radio yang turut bersaing dengan media sejenis baik Nasional, Swasta, maupun Komunitas. Sehingga adanya strategi penyiaran menjadi suatu keharusan yang dimiliki radio siaran. Berdasarkan hal ini, penulis melakukakan penelitian dengan rumusan masalah bagaimana strategi penyiaran yang dijalankan radio, apa strategi tersebut berhasil menarik minat pendengar, dan apa kendala yang dialami radio siaran. Metode dan jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif deskriptif atau dengan menggambarkan, menjelaskan fakta-fakta hasil penelitian di lapangan. Teknik pengumpulan data pada penelitan ini meliputi observasi dengan mengamati dan mendengarkan langsung siaran radio, wawancara dengan pengelola, penyiar, 10 pendengar yang mengetahui tentang objek penelitian sebagai narasumber, serta dokumentasi seperti foto struktur organisasi hingga tempat penelitian, selanjutnya dari data-data yang diperoleh kemudian disusun, diolah dan ditarik kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian, Radio Sehati Anjir 88.9 FM dalam menalankan strategi penyiaran dari teori Susan Tyler Easmant diperoleh hasil: pertama, menyesuaikan program dan waktu siaran dengan pendengar pada Strategi Kesesuaian (Compatibility), kedua, membuat rundown siaran perharinya dan adlips tentang kesehatan sebagai strategi Pembentukan Kesesuaian (Habit Formation), ketiga, meningkatkan mutu siaran dan penyiar serta tema program siaran yang dibedakan perharinya untuk Strategi Pengontrolan Arus Pendengar (Control Of Audience Flow), keempat, memanfaatkan penyiar dan perangkat komputer serta DVD dalam menjalankan Strategi Penyimpanan Sumber-sumber Program (Conservation Of Program Resources), dan melakukan promosi serta menghadirkan program siaran yang menarik pada Strategi Daya Penarik Massa (Mass Appeal). Dari strategi tersebut, Radio Sehati Anjir 88.9 FM cukup maksimal menjalankan strategi penyiarannya tetapi pemanfaatan media sosial sebagai media penarik massa belum dimanfaatkan seefektif mungkin. Dari adanya strategi tersebut juga mendapatkan respon positif dari pendengar dan puas dengan siaran Radio Sehati Anjir 88.9 FM, namun dari segi program siaran radio tersebut dirasa masih kurang. Untuk kendala, terbatasnya perangkat pendukung, cuaca, awal pembentukan hingga sulitnya menarik minat pendengar, namun solusi yang diambil seperti memanfaat perangkat yang ada, melakukan uji coba siaran, serta membuat program menarik dirasa belum efektif. Diharapkan adanya evaluasi untuk mengetahui hal-hal yang dirasa kurang, memanfaatkan seefektif mungkin media sosial sebagai sarana promosi serta menghadirkan program yang disuka semua kalangan sehingga dapat bersaing dengan media lainnya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Penyiaran, Eksistensi, Pendengar
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Hamidah
Date Deposited: 13 Nov 2023 05:30
Last Modified: 13 Nov 2023 05:30
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18290

Actions (login required)

View Item View Item