Praktik Penggunaan Digital Member Card Ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Alfamart Hasan Basri 3 Banjarmasin)

Islamaiyasha, Nur Indah (2023) Praktik Penggunaan Digital Member Card Ditinjau dari Hukum Ekonomi Syariah (Studi Kasus di Alfamart Hasan Basri 3 Banjarmasin). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (142kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (109kB)
[img] Text
pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (112kB)

Abstract

Penggunaan digital member card sangat banyak digunakan di beberapa perusahaan seperti minimarket untuk transaksi jual beli berdasarkan berkembangnya zaman yang modern saat ini. Pokok permasalahan dalam penelitian ini mengenai bagaimana mekanisme penggunaan digital member card di Alfamart Hasan Basri 3 Banjarmasin. Serta tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap praktik penggunaan digital member card. Penelitian ini bertujuan untuk megetahui penggunaan digital member card dalam praktiknya di Alfamart Hasan Basri 3 banjarmasin, dan untuk mengetahui tinjauan hukum ekonomi syariah terhadap penggunan digital member card di Alfamart Hasan Basri 3 Banjarmasin. Jenis penelitian kualitatif bersifat deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data, antara lain : Wawancara, Observasi, Dokumentasi. Dengan pemilihan sampel acak sederhana, Sumber informasinya adalah pihak Alfamart, dan Konsumen Alfamart. Hasil penelitian ini menyatakan, bahwa penggunaan digital member card di Alfamart Hasan Basri 3 Banjarmasin mempunyai banyak manfaat dan keuntungan bagi konsumen pengguna member card alfamart, kita bisa melihat berbagai promo hanya dengan membuka aplikasi yang bernama Alfagift. Dengan adanya digital member card ini sangat memudahkan pengguna tanpa harus membawa member card berbentuk kartu atau fisik, pembiayaan menjadi anggota juga tidak dipungut biaya. Berdasarkan dengan analisis data-data yang ada menyatakan bahwa inti penelitian ini adalah tidak adanya unsur-unsur yang dilarang menurut hukum Islam, untuk penggunaan member card Alfamart sendiri tidak mengandung unsur-unsur yang dilarang oleh aturan Islam seperti gharar, maysir, riba dan akad jual belinya sah karena rukun dan syaratnya terpenuhi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Alfamart, Hukum Ekonomi Syariah, Digital member card
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Nur Indah Islamaiyasha
Date Deposited: 23 Dec 2023 01:39
Last Modified: 23 Dec 2023 01:39
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18306

Actions (login required)

View Item View Item