PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PENTA VALENT CABANG BANJARMASIN

NOVIA, NOVIA (2023) PENGARUH KOMITMEN ORGANISASIONAL DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA KARYAWAN PADA PT. PENTA VALENT CABANG BANJARMASIN. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB.

[img] Text
Abstrak NOVIA.pdf

Download (91kB)
[img] Text
Pengesahan Novia.pdf

Download (197kB)
[img] Text
Pernayataan Novia.pdf

Download (451kB)

Abstract

Sumber daya manusia memegang peran utama dalam setiap kegiatan perusahaan apapun bentuknya, dimana hal itu memberi gambaran bahwa manajemen sumber daya manusia merupakan kunci utama yang harus diperhatikan terutama kinerja karyawan. Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menguji dan menganalisis komitmen organisasional berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Penta Valent Cabang Banjarmasin; (2) Untuk menguji dan menganalisis lingkungan kerja berpengaruh signifikan terhadap kinerja karyawan pada PT. Penta Valent Cabang Banjarmasin; dan (3) Untuk menguji dan menganalisis komitmen organisasional dan lingkungan kerja secara simultan berpengaruh terhadap kinerja karyawan pada PT. Penta Valent Cabang Banjarmasin. Metode penelitian yang digunakan yaitu jenis penelitian explanatory research dengan pendekatan kuantitatif. Analisis data dilakukan melalui penggunaan regresi linier berganda, uji hipotesis, serta koefisien determinasi yang telah sebelumnya dikonfirmasi melalui uji validitas, reliabilitas, dan asumsi klasik sebagai persyaratan awal. Sampel penelitian ini berasal dari populasi 43 karyawan PT. Penta Valent Cabang Banjarmasin, dengan pemilihan sampel menggunakan metode sampel jenuh melalui teknik random sampling. Setelah distribusi kuesioner, sebanyak 37 kuesioner kembali terisi dan kemudian dilakukan analisis data. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Pertama, komitmen organisasional memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. Penta Valent Cabang Banjarmasin. Peningkatan dalam komitmen organisasional dihubungkan dengan peningkatan dalam kinerja karyawan. Hal ini karena komitmen organisasional dari karyawan mengindikasikan bahwa mereka tidak memiliki niat untuk berpindah atau meninggalkan perusahaan, dan mereka merasa terikat dengan perusahaan seperti dalam keluarga. Kondisi ini mendorong mereka untuk bekerja lebih baik dan akhirnya mengarah pada peningkatan kinerja karyawan.Kedua, lingkungan kerja memiliki pengaruh yang signifikan terhadap kinerja karyawan di PT. Penta Valent Cabang Banjarmasin. Kinerja karyawan mengalami peningkatan apabila lingkungan kerja yang mereka hadapi yaitu kondusif. Lingkungan kerja yang nyaman mendorong karyawan untuk berusaha bekerja optimal. Ketiga, komitmen organisasional dan lingkungan kerja secara bersama-sama berpengaruh terhadap kinerja karyawan di PT. Penta Valent Cabang Banjarmasin. Ketika tingkat komitmen organisasional karyawan tinggi, dan ditambah dengan lingkungan kerja yang positif, maka hasilnya yaitu peningkatan kinerja karyawan. Kontribusi dari pengaruh komitmen organisasional dan lingkungan kerja terhadap kinerja karyawan mencapai 82,6%. Sisanya, yaitu 17,4%, dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel yang diteliti, seperti motivasi kerja, disiplin kerja, dan iklim organisasi..

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komitmen Organisasional, Lingkungan Kerja, Kinerja Karyawan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Novia
Date Deposited: 16 Nov 2023 05:08
Last Modified: 16 Nov 2023 05:08
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18353

Actions (login required)

View Item View Item