IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERMENDAGRI NOMOR 72 TAHUN 2022 TENTANG KTP DIGITAL DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL DI KABUPATEN BANJAR

Rokayyah, Siti (2023) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PERMENDAGRI NOMOR 72 TAHUN 2022 TENTANG KTP DIGITAL DALAM PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN CATATAN SIPIL DI KABUPATEN BANJAR. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak erka.pdf

Download (28kB)
[img] Text
Pengesahan skripsi.pdf

Download (308kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian.pdf

Download (305kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui Implementasi dan untuk mengetahui kendala apa saja dalam Implementasi Kebijakan Permendagri Nomor 72 Tahun 2022 Tentang Ktp Digital Dalam Pelayanan Administrasi Kependudukan Di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Di Kabupaten Banjar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan, teknik analisis data menggunakan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian ini menunjukkan, Implementasi Kebijakan Permendagri Nomor 72 Tahun 2022 Tentang KTP Digital di Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil Kabupaten Banjar sudah berjalan, akan tetapi masih ada beberapa kendala yang dihadapi seperti kurangnya informasi terkait KTP digital, sedangkan untuk fasilitas atau sarana dan prasarana masih belum memadai seperti alat komunikasi yang harus dimiliki oleh setiap orang yang akan mengajukan penginputan KTP Digital serta jaringan internet yang masih kurang untuk beberapa daerah yang sulit untuk dijangkau akses internet. Oleh karena itu, Disdukcapil Kab. Banjar perlu meningkatkan sosialisasi dan menyediakan dukungan teknis yang memadai untuk membantu masyarakat dalam menggunakan aplikasi KTP Digital. Kesimpulan penelitian ini menunjukkan bahwa Implementasi Kebijakan Permendagri Nomor 72 Tahun 2022 sudah berjalan, akan tetapi belum maksimal karena dilihat dari kendala yang terjadi sehingga untuk memenuhi kebutuhan masyarakat masih belum ternilai baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Kebijakan KTP Digital
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Siti Rokayyah
Date Deposited: 28 Nov 2023 03:14
Last Modified: 28 Nov 2023 03:14
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18395

Actions (login required)

View Item View Item