STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENCARI KERJA (Studi Fenomenologi Pada Dinas Koperasi, UKM, Dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru)

Hapsari, Risma Dwi (2023) STRATEGI KOMUNIKASI PELAYANAN PEMBUATAN KARTU TANDA PENCARI KERJA (Studi Fenomenologi Pada Dinas Koperasi, UKM, Dan Tenaga Kerja Kota Banjarbaru). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PDF Abstrak.pdf

Download (162kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (460kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (465kB)

Abstract

Saat ini pelayanan menjadi hal yang disorot baik dari segi kualitas, kuantitas dan mutu pelayanan. Namun, setiap pelayanan pasti memiliki hambatannya masing-masing dalam memberikan pelayanan. Oleh karena itu peneliti tertarik untuk meneliti mengenai strategi komunikasi yang digunakan pelayanan pembuatan kartu tanda pencari kerja untuk menjalin komunikasi yang efektif dengan pembuat kartu, kemudian terbentuklah pelayananan yang berkualitas. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Strategi Komunikasi Pelayanan Pembuatan Kartu Tanda Pencari Kerja. Penelitian ini mengacu pada Teori Strategi Komunikasi oleh Anwar Arifin yang bertujuan untuk mengetahui perumusan beberapa strategi komunikasi yang digunakan pelayanan pembuatan kartu tanda pencari kerja. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan jenis penelitian studi fenomenologi. Dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, dokumentasi dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa pelayanan pembuatan kartu tanda pencari kerja telah melaksanakan strategi komunikasi sesuai dengan penelitian studi fenomenolgi yaitu berdasarkan pengalaman seseorang dalam melayani pembuatan kartu, yaitu: mengenal khalayak atau penerima informasi yang merupakan pembuat kartu tanda pencari kerja, menyusun pesan; berupa informasi mengenai pembuatan kartu tanda pencari kerja, tentang dunia kerja nantinya dan program kerja untuk menunjang keberhasilan, metode yang digunakan yaitu metode redundancy dan edukatif, yang terakhir penggunaan media yaitu media sosial instagram, media online website dan media audio telepon.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Strategi Komunikasi; Komunikasi Pelayanan; Kartu Tanda Pencari Kerja; Dinas Koperasi UKM dan Tenaga Kerja Kerja Kota Banjarbaru
Subjects: H Social Sciences > HE Transportation and Communications
Depositing User: Risma Dwi Hapsari
Date Deposited: 11 Dec 2023 05:19
Last Modified: 11 Dec 2023 05:19
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18457

Actions (login required)

View Item View Item