IMPLEMENTASI FATWA DSN MUI NO:116/DSN-MUI/IX/2017 TENTANG UANG ELEKTRONIK SYARIAH (STUDI KASUS PENGGUNAAN QRIS PADA APLIKASI LINKAJA SYARIAH DI MRK COFFEE BANJARBARU)

Ismiati, Ismiati (2023) IMPLEMENTASI FATWA DSN MUI NO:116/DSN-MUI/IX/2017 TENTANG UANG ELEKTRONIK SYARIAH (STUDI KASUS PENGGUNAAN QRIS PADA APLIKASI LINKAJA SYARIAH DI MRK COFFEE BANJARBARU). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (165kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (353kB)
[img] Text
Lembar Keaslian Skripsi.pdf

Download (240kB)

Abstract

Uang elektronik sebagai alat pembayaran yang diterbitkan oleh bank maupun lembaga selain bank saat ini semakin berkembang di Indonesia. Uang elektronik adalah alat pembayaran yang sah berdasarkan ketentuan bank Indonesia dan tidak terdapat perbedaan signifikan dalam fungsinya dengan uang kertas dan uang logam. Agar terhindar dari transaksi- transaksi yang tidak diinginkan, maka masyarakat Indonesia memerlukan penjelasan mengenai ketentuan dan batasan hukum terkait uang elektronik dari segi syariah, pada tahun 2017 Dewan Syariah Nasional Majelis Ulama Indonesia mengeluarkan fatwa tentang uang elektronik syariah yaitu alat pembayaran yang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah. Di mana uang elektronik syariah wajib terhindar dari transaksi riba, gharar, maysir, risywah, israf, dan terhindar dalam transaksi haram. Pokok pembahasan dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan QRIS pada aplikasi LinkAja Syariah di kedai kopi dan bagaimana implementasi Fatwa DSN MUI No:116/DSN-MUI/IX/2017 Tentang uang elektronik syariah di Mrk Coffe Banjarbaru. Berdasarkan penelitian dan analisis yang dilakukan, maka dapat disimpulkan bahwa transaksi yang dilakukan di kedai kopi tidak sesuai dengan prinsip syariah karena pemilik dan pembeli tidak mengetahui adanya aturan yang harus dipatuhi pada saat bertransaksi menggunakan aplikasi LinkAja Syariah. Karena sudah ada fatwa yang mengaturnya, hal ini tidak diperbolehkan karena tidak sesuai dengan ketentuan dalam Fatwa DSN MUI No:116/DSN- MUI/IX?2017 Tentang Uang Elektronik Syariah. Dalam transaksi ini mengandung resiko, spekulasi dan unsur gharar yang akan menimbulkan rasa kecewa terhadap salah satu pihak yang ternyata dikemudian hari merasa dirugikan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Fatwa, LinkAja Syariah, Kedai Kopi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Ismiati Ismiati
Date Deposited: 20 Dec 2023 02:04
Last Modified: 20 Dec 2023 02:04
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18458

Actions (login required)

View Item View Item