ANALISIS PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS (SIMPUS) DI PUSKESMAS BERANGAS KABUPATEN BARITO KUALA TAHUN 2023

Sari, Wina Novita (2023) ANALISIS PELAKSANAAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN PUSKESMAS (SIMPUS) DI PUSKESMAS BERANGAS KABUPATEN BARITO KUALA TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
PDF ABSTRAK.pdf.pdf

Download (136kB)
[img] Text
PDF Lembah Pengesahan Skripsi.pdf

Download (427kB)
[img] Text
PDF Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (475kB)

Abstract

Sistem Informasi Manajemen Puskesmas SIMPUS merupakan tatanan yang menyediakan informasi atau aplikasi Manajemen Puskesmas yang fungsi utamanya adalah data pasien mulai dari pendaftaran, registrasi, pemeriksaan, maupun pengobatan pasien.Tujuan penelitian untuk mengetahui pelaksanaan SIMPUS di Puskesmas Berangas meliputi komponen input, proses dan output. Penelitian ini menggunakan metode deskritif kualitatif dengan wawancara untuk mengumpulkan data. Subjek penelitian ini berjumlah 3 orang yang berkaitan langsung dengan pelaksanaan SIMPUS. Hasil penelitian di lihat dari input bahwa dalam proses pelaksanaan SIMPUS dari Sumber Daya Manusia (SDM) tidak ada yang khusus berlatar belakang mengenai IT dan belum dilakukan pelatihan khusus sehingga masih kurangnya pengetahuan, untuk anggaran masih belum terdapat anggaran dana, sarana dan prasarana masih belum memadai karena masih menggunakan barang atau alat pribadi, metode yaitu sudah tersedianya buku pedoman terkait pelaksanaan SIMPUS, meliputi perencanaan pelaksanaan SIMPUS sudah direncanakan sedangakan dalam Pelaksanaan Sistem Informasi Puskesmas sudah dijalankan setiap hari dan sudah di lakukan monitoring evaluasi secara berkala. Diharapkan Puskesmas dapat melengkapi fasilitas sarana prasarana dalam penunjang kegiatan pelaksanaan SIMPUS.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Analisis, Pelaksanaan, Sistem Informasi Puskesmas
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Wina Novita Sari
Date Deposited: 30 Nov 2023 05:04
Last Modified: 30 Nov 2023 05:04
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18460

Actions (login required)

View Item View Item