KOMUNIKASI PARASOSIAL ANTARA PENGGEMAR DENGAN IDOLA (Studi Deskriptif pada Penggemar NCT 127 dalam Aplikasi Lysn di Kota Banjarbaru)

Azzahra, Zaheda Fatimah (2023) KOMUNIKASI PARASOSIAL ANTARA PENGGEMAR DENGAN IDOLA (Studi Deskriptif pada Penggemar NCT 127 dalam Aplikasi Lysn di Kota Banjarbaru). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (229kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (397kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (598kB)

Abstract

Industri hiburan K-Pop berkembang pesat di Indonesia dan menimbulkan ketertarikan lebih penggemar kepada idola kegemarannya. Fenomena tersebut bernama parasosial. NCT 127 adalah grup musik idola yang sangat disukai di Korea Selatan. SM Entertaiment mengembangkan aplikasi Lysn, yang memungkinkan penggemar berinteraksi dengan idolanya melalui fitur utama Bubble. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses komunikasi parasosial penggemar dengan NCT 127, karakteristik dan faktor penyebab parasosial pada penggemar NCT 127, serta mengukur tingkat parasosial penggemar NCT 127 pengguna Lysn di Kota Banjarbaru. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif dengan cara observasi langsung, wawancara mendalam, dan dokumentasi terhadap delapan subjek. Hasil yang ditemukan penggemar dan idola dapat menjadi pengirim/penerima pesan, percakapan antara penggemar NCT 127 dengan NCT 127 tidak terjadi secara personal karena idola mengirimkan pesan secara massal. Isi pesan mengarah pada hal personal. Dan di Lysn, hambatan komunikasi ditemukan.Penggemar memiliki karakteristik parasosial dari kemampuan sosial, empati, kepercayaan diri, kepribadian, dan penggemar berjenis kelamin perempuan. Motivasi, kesamaan dengan idola, dan komunikasi antar sesama penggemar adalah faktor parasosial. Tiga penggemarnya berada di tingkat sosial hiburan, dan lima lainnya berada di tingkat perasaan pribadi yang intens dalam parasosial.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Komunikasi; Parasosial; Penggemar; K-Pop; Lysn
Subjects: H Social Sciences > HN Social history and conditions. Social problems. Social reform
H Social Sciences > HV Social pathology. Social and public welfare
Depositing User: Zaheda Fatimah Azzahra
Date Deposited: 09 Mar 2024 02:08
Last Modified: 09 Mar 2024 02:08
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18465

Actions (login required)

View Item View Item