ANALISIS PELEBURAN ALUMUNIUM BEKAS BERBAHAN BAKAR MINYAK KELAPA SAWIT DAN OLI BEKAS MOTOR MENGGUNAKAN TUNGKU PEMBAKARAN GAS LPG 12 KG

Hanafi, Ahmat (2023) ANALISIS PELEBURAN ALUMUNIUM BEKAS BERBAHAN BAKAR MINYAK KELAPA SAWIT DAN OLI BEKAS MOTOR MENGGUNAKAN TUNGKU PEMBAKARAN GAS LPG 12 KG. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Ahmat Hanafi 17620141 Skripsi Pdf Abstrak.pdf

Download (31kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan PDF.pdf

Download (401kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi Pdf.pdf

Download (267kB)

Abstract

Oli bekas dan minyak jelantah merupakan limbah cair yang sering diabaikan penanganannya setelah tidak bisa digunakan kembali. Dalam penelitian ini membahas tentang pemanfaatan limbah oli bekas dan minyak jelantah sebagai bahan bakar dalam proses peleburan. Bahan baku yang digunakan dalam proses peleburan adalah alumunium bekas sedangkan bahan dasar dari tungku adalah dengan menggunakan tabung gas 12 kg yang dilapisi semen tahan api. Metode yang digunakan untuk meleburkan alumunium yaitu dengan sistem aliran udara paksa menggunakan blower. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui waktu dan konsumsi bahan bakar dalam meleburkan alumunium. Pada penelitian ini pengukuran dilakukan dengan menggunakan stopwatch untuk menghitung waktu peleburan disetiap pengujiannya. Pada pengujian tungku peleburan berbahan bakar oli bekas dan minyak jelantah dilakukan pengujian sebanyak 3 kali dengan jumlah alumunium bekas sebanyak 1,5 kg, pengujian kedua dan ketiga dilakukan ketika tungku sudah dipastikan dalam kondisi dingin ±24 jam setelah pengujian sebelumnya. Dari pelaksanaan penelitian diperoleh kesimpulan tungku berbahan bakar oli bekas lebih efektif dari pada minyak jelantah karena rata-rata waktu melebur 1,5 kg alumunium yaitu 26 menit dan rata-rata konsumsi bahan bakar sebanyak 1,3 liter sedangkan dengan bahan bakar minyak jelantah diperoleh rata-rata waktu melebur 1,5 kg alumunium yaitu 37 menit dengan rata-rata konsumsi bahan bakar 2,3 liter. Kata Kunci : Alumunium, Tungku, Oli Bekas, Minyak Kelapa sawit dan Tabung Gas LPG 12 Kg.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Alumunium, Tungku, Oli Bekas, Minyak Kelapa sawit dan Tabung Gas LPG 12 Kg
Subjects: A General Works > AI Indexes (General)
Depositing User: Ahmat Hanafi
Date Deposited: 06 Dec 2023 05:02
Last Modified: 06 Dec 2023 05:02
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18579

Actions (login required)

View Item View Item