HUBUNGAN PENGETAHUAN, PERSONAL HYGIENE, RIWAYAT PENYAKIT KELUARGA DENGAN KELUHAN PENYAKIT KULIT PADA SANTRI DI PESANTREN BUSTANUL ILMI DESA ANDAMAN 2 KABUPATEN BARITO KUALA TAHUN 2023

Tazkia, Rizkia Amalia (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN, PERSONAL HYGIENE, RIWAYAT PENYAKIT KELUARGA DENGAN KELUHAN PENYAKIT KULIT PADA SANTRI DI PESANTREN BUSTANUL ILMI DESA ANDAMAN 2 KABUPATEN BARITO KUALA TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (100kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (114kB)
[img] Text
Peryataan Keaslian.pdf

Download (180kB)

Abstract

Berdasarkan permasalahan peneliti mengangkat Hubungan Pengetahuan, Personal Hygiene, Riwayat Penyakit Keluarga Dengan Keluhan Penyakit Kulit Pada Santri Di Pesantren Bustanul Ilmi. Penelitian bertujuan mengetahui hubungan pengetahuan, personal hygiene, riwayat penyakit keluarga dengan keluhan penyakit kulit pada santri di Pesantren Bustanul Ilmi Rancangan penelitian ini adalah metode cross sectional, populasi 125 santri laki-laki, sampel berjumlah 56 responden dengan teknik accidental sampling. Hasil penelitian bahwa 36 responden (64,3%) keluhan penyakit kulit dalam kategori ada, 25 responden (44,6%) pengetahuan kurang, 32 responden (57,1) personal Hygiene kategori tidak baik, 31 responden (55,4%) daktegori tidak ada riwayat penyakit keluarga. Hubungan antara pengetahuan dengan keluhan penyakit kulit dengan hasil uji chi square p=0,034, hubungan antara keluhan penyakit kulit dengan personal hygiene dengan uji chi square p=0,001 dan hubungan antara riwayat penyakit keluarga dengan keluhan penyakit kulit sebesar p=0,002 di pesantren Bustanul Ilmi Desa Andaman 2 Kabupaten Batola. Diharapkan bagi para santri untuk dapat menjaga dan merawat kebersihan tubuhnya sendiri.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Personal Hygiene, Riwayat Penyakit Keluarga, Keluhan Penyakit Kulit.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Rizkia Amalia Tazkia
Date Deposited: 11 Dec 2023 02:43
Last Modified: 11 Dec 2023 02:43
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18665

Actions (login required)

View Item View Item