KORELASI ANTARA BODY IMAGE DENGAN FEAR OF MISSING OUT PADA SISWA PENGGUNA AKTIF MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI SMK NEGERI 1 BANJARBARU

Ulfah, Sarini (2023) KORELASI ANTARA BODY IMAGE DENGAN FEAR OF MISSING OUT PADA SISWA PENGGUNA AKTIF MEDIA SOSIAL INSTAGRAM DI SMK NEGERI 1 BANJARBARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Pengesahan skripsi.pdf

Download (367kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian.pdf

Download (319kB)
[img] Text
ABSTRAK SARINI.pdf

Download (193kB)

Abstract

Media sosial, khususnya Instagram, seringkali menyajikan citra tubuh yang ideal dan potret-potret kehidupan yang glamor yang dapat mempengaruhi citra diri siswa dan meningkatkan rasa FoMO. Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara body image dengan FoMO pada siswa pengguna aktif media sosial instagram di SMK Negeri 1 Banjarbaru. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan pemahaman yang lebih baik tentang pengaruh Instagram pada persepsi terhadap tubuh dan kekhawatiran akan ketinggalan informasi pada siswa. Penelitian ini menggunakan desain penelitian korelasional dengan pendekatan kuantitatif. Terdapat 131 siswa pengguna aktif instagram sebagai sampel penelitian ini. Validitas yang digunakan dalam penelitian ini adalah validitas isi (content validity), dan reliabilitas pada penelitian ini yaitu dengan Internal Consistency, dilakukan dengan mencobakan instrumen sekali saja, kemudian hasil yang diperoleh dianalisis. Teknik analisis yang akan digunakan berdasarkan hipotesis yang ada dalam penelitian ini yaitu uji hipotesis asosiatif dengan metode analisis korelasi spearman rank dikarenakan data tidak berdistribusi normal. Berdasarkan hasil uji analisis korelasi spearman rank menunjukkan tidak adanya hubungan yang signifikan antara body image dengan FoMO pada siswa pengguna aktif instagram di SMK Negeri 1 Banjarbaru, sehingga dapat dipahami bahwa hipotesis di tolak. Hal ini menunjukkan bahwa persepsi tentang penampilan fisik tidak secara langsung berdampak pada tingkat kekhawatiran mereka tentang ketinggalan pengalaman di media sosial. Peneliti melakukan penelitian mengenai body image dengan fear of missing out berdasarkan beberapa penelitian sebelumnya yang menjadi perantara antara kedua variabel tersebut serta minimnya penelitian yang menguji hubungan antara body image dengan fear of missing out terutama pada pengguna aktif media sosial instagram di Indonesia. Bagi peneliti selanjutnya diharapkan dapat memperluas metode untuk mendalami dan memperkaya pemahaman tentang body image dengan fear of missing out pada siswa pengguna aktif instagram.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Citra Tubuh, Takut Ketinggalan, Siswa Pengguna Instagram
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Sarini Ulfah
Date Deposited: 05 Mar 2024 02:55
Last Modified: 05 Mar 2024 02:55
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18689

Actions (login required)

View Item View Item