EFEKTIVITAS PERAN BADAN PENANGGULANGANBENCANA DAERAH (BPBD) DALAM MANAJEMEN TANGGAP DARURAT BANJIR (Studi Kasus di Kelurahan Pasayangan)

Munirah, Misbahul (2023) EFEKTIVITAS PERAN BADAN PENANGGULANGANBENCANA DAERAH (BPBD) DALAM MANAJEMEN TANGGAP DARURAT BANJIR (Studi Kasus di Kelurahan Pasayangan). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (570kB)
[img] Text
Keaslian Skripsi.pdf

Download (370kB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi daerah Kelurahan Pasayangan yang merupakan salah satu wilayah rawan bencana banjir di Kabupaten Banjar. Hal ini disebabkan oleh luapan Sungai Martapura, perilaku masyarakat yang sering membuang sampah sembarang, berkurangnya wilayah serapan air karena banyaknya bangunan serta topografi Kelurahan Pasayangan yang termasuk Kawasan dataran rendah. Tujuan penelitian untuk menggambarkan dan menjelaskan bagaimana Efektivitas Peran Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dalam Manajemen Tanggap Darurat Banjir di Kelurahan Pasayangan dan apa kendala yang dihadapi BPBD Kabupaten Banjar dalam manajemen tanggap darurat banjir. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif kualitatif. Informan dalam penelitian sebanyak tiga orang dari BPBD Kabupaten Banjar dan dua orang warga Kelurahan Pasayangan. Analisis data mencakup pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran BPBD Kabupaten Banjar belum efektif melaksanakan perannya dalam manajemen tanggap darurat banjir di Kelurahan Pasayangan karena tidak adanya sosialisasi rawan bencana pada daerah Desa Pasayangan, dan keterlambatan BPBD Kabupaten Banjar dalam maanajemen tanggap darurat banjir pada daerah Desa Pasayangan. Sosialisasi dan bantuan lebih diprioritaskan pada desa-desa yang memang berada pada daerah rawan bencana kendala yang dihadapi BPBD dalam manajemen tanggap darurat adalah sumber daya seperti peralatan, prasarana yang terbatas, penanganan yang terbatas, dan perlu meningkatkan kerja sama semua pihak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas, Peran, BPBD, dan Manajemen.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Misbahul Munirah
Date Deposited: 23 Dec 2023 03:13
Last Modified: 23 Dec 2023 03:13
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18766

Actions (login required)

View Item View Item