IMPLEMENTASI KONSELOR SEKOLAH MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGEKSPLORASI KARIR SISWA DI SMAN 12 BANJARMASIN

Adji, Muhammad (2023) IMPLEMENTASI KONSELOR SEKOLAH MENGGUNAKAN LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING UNTUK MENGEKSPLORASI KARIR SISWA DI SMAN 12 BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
(pdf) artikel Muhammad adji new.pdf

Download (35kB)
[img] Text
pengesahan skripsi.pdf

Download (157kB)
[img] Text
pernyataan keaslian.pdf

Download (147kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi konselor sekolah menggunakan layanan bimbingan dan konseling untuk mengeksplorasi karir siswa di SMAN 12 Banjarmasin, yang dimana peneliti menggunakan teknik analisis data melalui reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Metode yang digunakan dalam Penelitian ini akan mengembangkan teori berdasarkan data lapangan melalui pendekatan deskriptif kualitatif. Implementasi adalah proses menguji metode untuk menerapkan konsep, program, atau aktifitas baru dengan harapan orang lain akan menerima dan mengubahnya. Sedangkan eksplorasi karir adalah segala bentuk upaya untuk mengumpulkan informasi tentang karir dan ragam karir dengan tujuan mempersiapkan dan mengembangkan karir sesuai dengan minat mereka. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki pemahaman yang baik tentang karir. Hal ini dapat dilihat melalui perencanaan layanan karir yang dilakukan oleh guru BK. Guru BK membuat jurnal harian yang berisi data siswa serta karir yang mereka inginkan. Mereka juga memberi siswa materi tentang karir yang mereka inginkan agar mereka lebih memahami karir yang mereka inginkan. Kesimpulan hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa memiliki pemahaman yang baik tentang karir. Hal ini disebabkan oleh peran guru BK dalam memberikan layanan yang sesuai kepada siswa dan memberikan perencanaan layanan karir melalui jurnal harian yang berisi data siswa dan karir yang mereka inginkan. Guru BK juga memberikan layanan karir yang lengkap, termasuk klasikal, bimbingan kelompok, konseling kelompok, dan konseling individual untuk memahami minat dan kebutuhan siswa.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci : Implementasi ; bimbingan dan konseling ; karir
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Muhammad Adji
Date Deposited: 03 Jan 2024 02:38
Last Modified: 03 Jan 2024 02:38
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18775

Actions (login required)

View Item View Item