Analisis Usaha Peternakan Ayam Petelur Strain Isa Brown Pola Mandiri Di Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan

Angeriyani, Deifa (2023) Analisis Usaha Peternakan Ayam Petelur Strain Isa Brown Pola Mandiri Di Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan Kalimantan Selatan. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
File pdf abstrak.pdf

Download (126kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (222kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (194kB)

Abstract

Usaha ayam petelur berperan penting dalam memenuhi kebutuhan telur masyarakat sebagai kebutuhan protein hewani, permintaan pangan hewani asal ternak daging, telur dan susu dari waktu ke waktu cenderung meningkat sejalan dengan pertambahan jumlah penduduk dan pendapatan. Strain Isa Brown merupakan hasil persilangan dari ayam Rhode Island White dan Rhode Island Reds. Strain Isa Brown mulai berproduksi pada umur 18-19 minggu. Pola mandiri adalah sistem usaha peternakan dengan modal ditanggung penuh oleh peternak. Peternak menyediakan kandang, peralatan, tenaga kerja dan fasilitas produksi ternak, bibit, pakan dan memasarkan hasil produksinya secara bebas. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis usaha ternak ayam petelur Strain Isa Brown pola mandiri dan besarnya biaya, penerimaan, pendapatan, keuntungan dan kelayakan usaha ternak ayam petelur Strain Isa Brown pola mandiri di Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan. Penelitian ini dilaksanakan pada bulan April 2022. Data yang dikumpulkan berupa data primer dan data sekunder dengan menggunakan pengambilan sampel jenuh. Analisis data yang digunakan adalah analisis kualitatif yang diolah secara deskriptif dan analisis finansial untuk menghitung besarnya biaya, penerimaan, pendapatan, keuntungan dan kelayakan usaha ternak ayam petelur Strain Isa Brown pola mandiri. Hasil penelitian menunjukkan bahwa biaya total rata-rata 1.101.216.295/peternak, penerimaan rata-rata Rp 2.280.427.423/peternak, pendapatan rata-rata Rp 1.191.409.636/peternak, sedangkan keuntungan yang diterima rata-rata oleh peternak Rp 1.179.211.127/peternak, nilai RC rasio perbandingannya adalah sebesar 1,6. Dengan demikian maka usaha ternak ayam petelur Strain Isa Brown pola mandiri di Kecamatan Awayan Kabupaten Balangan layak untuk diusahakan. Kata kunci: Analisis Usaha, Peternakan, Pola Mandiri, Ayam Petelur, Strain Isa Brown.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Analisis Usaha, Peternakan, Pola Mandiri, Ayam Petelur, Strain Isa Brown
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Deifa Angeriyani
Date Deposited: 20 Dec 2023 05:36
Last Modified: 20 Dec 2023 05:36
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18800

Actions (login required)

View Item View Item