HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PELATIHAN K3 DENGAN UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT ISLAM BANJARMASIN TAHUN 2023

Syabilla, Syfa (2023) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN PELATIHAN K3 DENGAN UPAYA PENCEGAHAN KECELAKAAN KERJA PADA PERAWAT DI RUMAH SAKIT ISLAM BANJARMASIN TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Halaman Pengesahan.pdf

Download (145kB)
[img] Text
Keaslian Penelitian.pdf

Download (223kB)
[img] Text
ARTIKEL SYFA SYABILLA.pdf

Download (416kB)

Abstract

Terdapat kejadian tertusuk jarum suntik pada perawat di rumah sakit, selain itu adanya potensi bahaya lain seperti terpeleset, tersandung, nyeri punggung dan nyeri sendi yang dapat mengakibatkan kecelakaan kerja dan penyakit akibat kerja sehingga dibutuhkan upaya pencegahan kecelakaan kerja. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan pengetahuan, sikap dan pelatihan K3 dengan upaya pencegahan kecelakaan kerja pada perawat di Rumah Sakit Islam Banjarmasin Tahun 2023. Penelitian ini mengunakan metode kuantitatif dan desain penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif koleratif dengan pendekatan cross-sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah perawat di Rumah Sakit Islam Banjarmasin dengan jumlah 157 orang dan sampelnya sebanyak 62 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan simple random sampling. Instrumen penelitian di lakukan dengan wawancara melalui kuisioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perawat dengan kategori baik dalam melakukan upaya pencegahan kecelakaan kerja sebanyak 37 orang (59,7%), perawat dengan kategori pengetahuan baik sebanyak 32 orang (51,6%), perawat yang memiliki sikap positif sebanyak 44 orang (71,0%), dan perawat yang pernah mengikuti pelatihan K3 sebanyak 49 orang (79,0%). Berdasarkan hasil uji chi�square terdapat hubungan antara pengetahuan (p-value = 0,002), sikap (p-value = 0,016) dan tidak ada hubungan pelatihan K3 (p-value = 0,151) dengan upaya pencegahan kecelakaan kerja. Disarankan untuk mengadakan sarasehan K3 atau juga promosi K3 serta melakukan pengawasan dan pemantauan secara berkala mengenai keselamatan dan kesehatan kerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan; Sikap; Pelatihan K3; Upaya Pencegahan Kecelakaan;
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Syfa Syabilla
Date Deposited: 24 Feb 2024 01:33
Last Modified: 24 Feb 2024 01:33
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18895

Actions (login required)

View Item View Item