IMPLEMENTASI SP4N-LAPOR DALAM PENGELOLAAN PENGADUAN MASYARAKAT DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK KOTA BANJARMASIN

Maulidah, Maulidah (2023) IMPLEMENTASI SP4N-LAPOR DALAM PENGELOLAAN PENGADUAN MASYARAKAT DI DINAS KOMUNIKASI INFORMATIKA DAN STATISTIK KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
file pdf abstrak maulidah.pdf

Download (179kB)
[img] Text
Lembar pengesahan maulidah.pdf

Download (276kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian skripsi maulidah.pdf

Download (250kB)

Abstract

Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui gambaran Implementasi SP4N-LAPOR Dalam Pengelolaan Pengaduan Masyarakat di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin dan untuk mengetahui faktor-faktor yang menghambat Implementasi SP4N-LAPOR Dalam Pengelolaan Pengaduan Masyarakat di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif data dikumpulkan dengan Observasi, Wawancara, dan Dokumentasi kepada 6 orang informan dengan menggunakan teori Implementasi George C. Edward III. Analisi data menggunakan Reduksi Data, Penyajian Data, dan Penarikan Kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi SP4N-LAPOR dalam Pengelolaan Pengaduan Masyarakat di Dinas Komunikasi Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin dilihat dari komunikasi, sumber daya, disposisi, dan struktur birokrasi sudah berjalan dengan baik dan saat pelaksanaannya tergolong cukup optimal. Faktor-faktor yang menghambat implementasi SP4N-LAPOR adalah faktor komunikasi, bahwa belum meratanya sosialisasi mengenai program SP4N-LAPOR kepada masyarakat. Faktor sumber daya, yaitu sumber daya fasilitas dari masyarakat belum memenuhi. Hal ini membuat kurangnya partisipasi masyarakat dalam menggunakan aplikasi SP4N-LAPOR.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Kebijakan, Pelayanan Publik, SP4N-LAPOR
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Maulidah
Date Deposited: 27 Dec 2023 02:22
Last Modified: 27 Dec 2023 02:22
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18900

Actions (login required)

View Item View Item