IMPLEMENTASI APLIKASI ADMINISTRASI SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA DISKOMINFOTIK KOTA BANJARMASIN

Rofi'i, Muhammad (2023) IMPLEMENTASI APLIKASI ADMINISTRASI SURAT MASUK DAN SURAT KELUAR PADA DISKOMINFOTIK KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (81kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (87kB)
[img] Text
surat keaslian skripsi.pdf

Download (222kB)

Abstract

Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin disingkat Diskominfotik adalah unsur pelaksana urusan Pemerintahan yang menjadi Kewenangan Daerah yang dipimpin oleh seorang Kepala Dinas yang berkedudukan dibawah dan bertanggung jawab kepada Walikota melalui Sekretaris Daerah. Pada saat ini pengelolaan data tenaga ahli yang diterapkan di Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kota Banjarmasin memang sudah terkomputerisasi, namun penggunaannya masih standar umum yaitu menggunakan Microsoft Word dan Excel sehingga kurang efektif dan efisien. Untuk mendukung penelitian ini dilakukanlah metode penelitian berupa wawancara, observasi, dan studi pustaka untuk menggambarkan permasalahan yang sedang terjadi pada kasus ini. Selanjutnya di analisa dan membangun aplikasi dengan metode Waterfall serta perancangan sistem diakukan dengan permodelan UML dengan menggunakan bahasa pemrograman PHP, Web Server Apache dan juga menggunakan database MySql. Berdasarkan masalah yang di temui pada Diskominfotik Banjarmasin. Di dalam urusan perkantoran terdapat permasalahan adanya surat masuk dan surat keluar, yang masih di ketik secara manual maka dari itu aplikasi tersebut di buat untuk mempermudah dan mengefesien waktu agar pengerjaannya menjadi lebih mudah dan terorganisir.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi Aplikasi Administrasi Surat Masuk Dan Surat Keluar Pada Diskominfotik Kota Banjarmasin
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Muhammad Rofi'i
Date Deposited: 27 Dec 2023 04:02
Last Modified: 27 Dec 2023 04:02
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/18941

Actions (login required)

View Item View Item