HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP IBU DAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI IUD DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KUIN RAYA

Saripah, Saripah (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP IBU DAN DUKUNGAN SUAMI DENGAN PENGGUNAAN ALAT KONTRASEPSI IUD DI WILAYAH KERJA PUSKESMAS KUIN RAYA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (99kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (128kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Penelitian.pdf

Download (126kB)

Abstract

Berdasarkan data Puskesmas Kuin Raya pada tahun 2022 jumlah Peserta KB aktif sebanyak 5,355 orang dengan Penggunaan Kontrasepsi IUD 11 orang dan pada tahun 2023 dari bulan Januari sampai Juli dengan Penggunaan Kontrasepsi IUD 5 orang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan, Sikap Ibu dan Dukungan Suami dengan Penggunaan Alat Kontrasepsi IUD di Wilayah Kerja Puskesamas Kuin Raya. Penelitian ini merupakan penelitian Kuantitatif yang bersifat analitis dengan menggunakan pendekatan Case Control. Populasi kontrol adalah wanita yang tidak menggunakan alat kontrasepsi di Wilayah Kerja Puskesmas Kuin Raya sama dengan populasi kasus wanita yang menggunakan kontrasepsi IUD yaitu 16 orang. Teknik pengambilan sampel dengan menggunakan purposive sampling. Uji Statistik menggunakan uji Chi Square, Ada hubungan pengetahuan dengan penggunaan kontrasepsi IUD (p = 0,037), Ada hubungan Sikap Ibu dengan penggunaan kontrasepsi IUD (p = 0,031), Ada hubungan Dukungan Suami dengan penggunaan kontrasepsi IUD (p = 0,000). Bagi pihak Puskesmas dapat meningkatkan target pengguna kontrasepsi IUD perlunya upaya peningkatan sosialisasi, edukasi dan pendekatan kepada masyarakat khususnya pasangan usia subur (PUS) dan wanita usia subur (WUS) agar mereka bisa mengetahui keuntungan dan efektifitas dari penggunaan alat kontrasepsi IUD.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pengetahuan, Sikap Ibu, Dukungan Suami, dan Penggunaan Kontrasepsi IUD.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Saripah Saripah
Date Deposited: 10 Jan 2024 02:37
Last Modified: 10 Jan 2024 02:37
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19039

Actions (login required)

View Item View Item