KEBIJAKSANAAN KEGIATAN MAINTENANCE MESIN GUNA MENUNJANG KELANCARAN KEGIATAN PRODUKSI (STUDI PADA KOSAKATA COFFEE KOTA BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN)

Maulana, Muhammad Ilham (2024) KEBIJAKSANAAN KEGIATAN MAINTENANCE MESIN GUNA MENUNJANG KELANCARAN KEGIATAN PRODUKSI (STUDI PADA KOSAKATA COFFEE KOTA BANJARMASIN KALIMANTAN SELATAN). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak ILHAM MAULANA.pdf

Download (82kB)
[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN SKRIPSI ILHAM.pdf

Download (443kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Ilham.pdf

Download (122kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk : (1) Menganalisis kebijaksanaan kegiatan maintenance mesin dalam mendukung kelancaran kegiatan produksi di Kosakata Coffee, Kota Banjarmasin, Kalimantan Selatan. (2) Kegiatan maintenance mesin yang efektif dan efisien sangat penting dalam memastikan bahwa mesin-mesin yang digunakan untuk produksi kopi beroperasi dengan baik dan tidak mengalami gangguan yang dapat menghambat proses produksi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan analisis dokumen terkait. Informan dalam penelitian ini adalah manajer produksi, teknisi mesin, dan karyawan yang terlibat dalam kegiatan maintenance mesin di Kosakata Coffee. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) Kosakata Coffee telah mengimplementasikan kebijaksanaan kegiatan maintenance mesin yang komprehensif. Kebijaksanaan ini meliputi jadwal perawatan yang teratur, pemeriksaan rutin, pemeliharaan terjadwal serta pelatihan operator mesin dan para karyawan yang terlibat dalam kegiatan tersebut . (2) Melalui kebijaksanaan ini, Kosakata Coffee dapat meminimalkan risiko kerusakan mesin dan memperpanjang masa pakai mesin, sehingga meningkatkan kelancaran kegiatan produksi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Maintenance; Mesin; Produksi
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Muhammad Ilham Maulana
Date Deposited: 10 Jan 2024 03:38
Last Modified: 10 Jan 2024 03:38
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19181

Actions (login required)

View Item View Item