HUBUNGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DENGAN KEJADIAN DIARE PADA MURID SDN 1 TANGKILING KECAMATAN BUKIT BATU KOTA PALANGKA RAYA TAHUN 2022

Septiani, Pini (2024) HUBUNGAN PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DENGAN KEJADIAN DIARE PADA MURID SDN 1 TANGKILING KECAMATAN BUKIT BATU KOTA PALANGKA RAYA TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
abstrak PINI SEPTIANI.pdf

Download (117kB)
[img] Text
PENGESAHAN.pdf

Download (432kB)
[img] Text
PERNYATAAN.pdf

Download (229kB)

Abstract

Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) merupakan bentuk perwujudan untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi yang kondusif bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku agar dapat menerapkan cara–cara hidup sehat dalam rangka menjaga, memelihara, dan meningkatkan kesehatan. Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) terdiri dari lima tatanan yaitu institusi pendidikan, institusi kesehatan, tempat kerja, tempat–tempat umum, dan rumah tangga. Tujuan Penelitian ini Mengetahui hubungan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dengan kejadian diare pada Murid SDN 1 Tangkiling Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya Tahun 2022. Metode penelitian survey analitik dengan desain cross sectional. Populasi dalam Penelitian ini adalah murid kelas IV berjumlah 35 murid, V berjumlah 38 murid dan VI bejumlah 40 Murid jadi total keseluruhan 113 murid, teknik Simple Random Sampling. Instrumen berupa kuesioner yang dibagikan kepada murid SDN 1 Tangkiling Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya dengan sampel 53 responden, cara ukur dengan teknik analisis data yaitu univariat dan bivariat menggunakan uji chi square. Hasil Penelitian ditemukan bahwa analisis univariat menunjukan kejadian diare responden sebagian besar 45,2%, PHBS responden sebagian besar 39,7%, CTPS sebagian besar responden 61,5%. Analisis bivariate menunjukan adanya hubungan pola hidup bersih (p-value = 0,000), cuci tangan pakai sabun (p-value = 0,000), mengkonsumsi makanan sehat gizi seimbang (p-value = 0,000), membuang sampah pada tempatnya (p-value = 0,000) dan meggunakan jamban sehat (p-value = 0,002) dengan kejadian diare pada murid SDN 1 Tangkiling Kecamatan Bukit Batu Kota Palangka Raya. Saran diharapkan mampu mengadakan promosi program Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) dalam bentuk perwujudan untuk memberikan pengalaman belajar atau menciptakan suatu kondisi yang kondusif bagi perorangan, keluarga, kelompok dan masyarakat untuk meningkatkan pengetahuan, sikap dan perilaku agar dapat menerapkan cara–cara hidup sehat dalam rangka menjaga, memelihara, dan meningkatkan kesehatan tentang PHBS di sekolah.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: PHBS, Diare, Murid
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Pini Septiani
Date Deposited: 13 Jan 2024 02:55
Last Modified: 13 Jan 2024 02:55
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19225

Actions (login required)

View Item View Item