ANALISIS FAKTOR PREDISPOSISI KELENGKAPAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DESA MULYOHARJO KECAMATAN PAMUKAN UTARA KABUPATEN KOTABARU KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2022

Lestari, Siti (2024) ANALISIS FAKTOR PREDISPOSISI KELENGKAPAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DI PERKEBUNAN KELAPA SAWIT DESA MULYOHARJO KECAMATAN PAMUKAN UTARA KABUPATEN KOTABARU KALIMANTAN SELATAN TAHUN 2022. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK.pdf

Download (125kB)
[img] Text
PENGESAHAN SKRIPSI.pdf

Download (133kB)
[img] Text
Pernyataan keaslian skripsi.pdf

Download (99kB)

Abstract

Alat Pelindung Diri (APD) yaitu perlengkapan untuk melindungi pekerja atau alat yang mampu melindungi individu dan melindungi seluruh tubuh dari potensi bahaya di lingkungan tempat kerja. Permasalahan yang dilihat peneliti yaitu pihak BUMDES di desa Mulyoharjo telah menyediakan APD yang sering digunakan yaitu meliputi helm, sarung tangan, sepatu boot, sarung egrek, dan sarung dodos. Akan tetapi dalam melakukan aktifitas pada saat bekerja masih ada terdapat pekerja yang tidak lengkap dalam menggunakan APD di desa mulyoharjo. Penelitian ini bertujuan mengetahui faktor predisposisi kelengkapan penggunaan alat pelindung diri di desa Mulyoharjo Kecamatan Pamukan Utara Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan tahun 2022. Penelitian ini menggunakan desain penelitian Kuantitatif dengan pendekatan Cross Sectional, populasi penelitian yaitu pekerja perkebunan kelapa sawit Desa Mulyoharjo sebanyak 50 reponden. Instrumen penelitian ini melakukan wawancara dengan menggunakan kuesioner. Hasil penelitian menunjukan bahwa 34 responden (68%) tidak lengkap, sebanyak 31 responden (62%) berumur tua ≥ 35 Tahun, sebanyak 38 responden (76%) pendidikan dasar, sebanyak 21 responden (42%) pengetahuan baik, sebanyak 32 responden (64%) memiliki sikap positif, sebanyak 45 responden (90%) masa kerja lama. Hasil analisis tidak ada hubungan umur dengan kelengkapan APD (p-value = 0,131). Ada hubungan pendidikan (p-value = 0,036), pengetahuan (p-value = 0,004), sikap (p-value = 0,001), dan masa kerja (p-value = 0,031). Saran : agar selalu melakukan pengawasan dan memberikan teguran bagi pekerja yang tidak menggunakan APD secara lengkap di desa Mulyoharjo.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: APD, Umur, Pendidikan, Pengetahuan, Sikap, Masa Kerja
Subjects: R Medicine > RA Public aspects of medicine > RA0421 Public health. Hygiene. Preventive Medicine
Depositing User: Siti Lestari
Date Deposited: 16 Jan 2024 01:23
Last Modified: 16 Jan 2024 01:23
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19259

Actions (login required)

View Item View Item