HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DENGAN KECELAKAAN KERJA PADA KARYAWAN DI PT INDONESIA BULK TERMINAL KOTABARU TAHUN 2023

SYAHBANI, M. RIZKI FAUZAN (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN, SIKAP DAN KEPATUHAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) DENGAN KECELAKAAN KERJA PADA KARYAWAN DI PT INDONESIA BULK TERMINAL KOTABARU TAHUN 2023. Diploma thesis, Univesitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (757kB)
[img] Text
Lembar pengesahan.pdf

Download (39kB)
[img] Text
Lembar pernyataan keaslian.pdf

Download (52kB)

Abstract

Kecelakaan kerja merupakan kecelakaan yang terjadi tidak diduga atau diinginkan pekerja sehingga dapat menimbulkan kerugian, cedera, cacat yang dialami oleh tenaga kerja dalam 1 tahun terakhir. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui Hubungan Pengetahuan, Sikap dan Kepatuhan Penggunaan Alat Pelindung Diri (APD) dengan Kecelakaan Kerja pada Karyawan di PT Indonesia Bulk Terminal Kotabaru Tahun 2023. Metode penelitian adalah kuantitatif observasional dengan desain cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah semua karyawan yang bekerja di PT Indonesia Bulk Terminal tahun 2022 seluruhnya 155 orang dan sampelnya menggunakan teknik accidental sampling sebesar 61 karyawan. Penelitian ini menggunakan teknik analisis data uji Chi Square. Hasil penelitian didapat mayoritas responden tidak pernah mengalami kecelakaan kerja (60,7%), mayoritas responden dengan pengetahuan kurang tentang APD (37,7%), mayoritas responden memiliki sikap yang positif terhadap penggunaan APD (75,4%), mayoritas responden patuh dalam menggunakan APD (59%). Hasil uji Chi Square didapatkan bahwa ada hubungan pengetahuan APD (p-value=0,004) dan sikap penggunaan APD APD (p-value=0,000) dengan kecelakaan kerja di PT Indonesia Bulk Terminal Kabupaten Kotabaru Tahun 2023. Tidak ada hubungan kepatuhan dalam menggunakan APD (p-value=0,051) dengan kecelakaan kerja di PT Indonesia Bulk Terminal Kabupaten Kotabaru Tahun 2023. Bagi Perusahaan disarankan untuk meningkatkan pengawasan yang bukan hanya mengawasi proses kerja tetapi juga mengawasi penggunaan APD pekerja.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kecelakaan Kerja, Sikap, Pengetahuan, Kepatuhan APD
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: SKM M. Rizki Fauzan Syahbani
Date Deposited: 17 Jan 2024 01:15
Last Modified: 17 Jan 2024 01:15
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19287

Actions (login required)

View Item View Item