Desain Alternatif Struktur Balok pada Proyek Pembangunan Gedung Kampus Uniska Handil Bakti Menggunakan Balok Beton Prategang

Putri, Rezki Ananda (2024) Desain Alternatif Struktur Balok pada Proyek Pembangunan Gedung Kampus Uniska Handil Bakti Menggunakan Balok Beton Prategang. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Putri.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pengesahan Putri.pdf

Download (286kB)
[img] Text
Keaslian Skripsi Putri.pdf

Download (201kB)

Abstract

Balok merupakan bagian struktur yang digunakan sebagai dudukan lantai dan pengikat kolom lantai atas, berfungsi sebagai penyalur momen menuju kolom, sebagai rangka penguat horisontal bangunan akan beban-beban, sedangkan kolom yaitu suatu elemen struktur tekan yang memegang peranan penting dari suatu bangunan, sehingga keruntuhan pada suatu kolom merupakan lokasi kritis yang dapat menyebabkan runtuhnya lantai yang bersangkutan dan juga runtuhnya seluruh struktur, berfungsi sebagai penerus beban seluruh bangunan ke pondasi. Dalam perencanaan struktur harus direncanakan sesuai dengan fungsi gedung tersebut. Maka dari itu dalam menciptakan suasana yang luas dari ruangan pertemuan dan aula dapat dilakukan dengan cara menghilangkan kolom-kolom yang terletak pada bagian tengah ruangan. Hal ini menyebabkan seluruh beban yang diatas akan ditanggung oleh balok. Oleh karena itu diperlukan desain balok beton yang kuat untuk menahan gaya tarik yang besar dikarenakan memon lentur yang terjadi pada balok tersebut dengan menggunakan beton prategang yang dapat membuat gaya dalam yang bekerja sepanjang bentang menjadi gaya tekan. Maka dari itu dilakukan “Studi Evaluasi Desain Struktur Balok pada Proyek Pembangunan Gedung Kampus UNISKA Handil Bakti Menggunakan Balok Beton Prategang” Pembebanan yang dilakukan meliputi beban mati, beban hidup, dan beban gempa yang disesuaikan terhadap peraturan, kemudian dimasukkan dalam program bantu komputer SAP2000. Analisis desain balok prategang yang dilakukan adalah dengan mencari nilai gaya maksimum pada struktur (Balok no 785 lt 4) kemudian dilakukan perhitungan penulangan serta kebutuhan tendon seperti yang dijabarkan pada BAB IV, dan hasilnya perhitungannya sebagai berikut : Tulangan Non Prategang 7 D16 Tumpuan Tulangan Non Prategang 5 D16 Lapangan Tendon 1 Selongsong dengan jumlah kabel 10 (D 12,7 x 10 Kabel)

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Struktur, Balok, Gedung
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: Putri hr Rezki ananda
Date Deposited: 17 Jan 2024 05:02
Last Modified: 17 Jan 2024 05:02
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19301

Actions (login required)

View Item View Item