APLIKASI PENGELOLAAN DATA PENYULUHAN PERIKANAN DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PADA DINAS KETAHANAN PANGAN DANPERIKANAN KABUPATEN BARITO KUALA

Ramadhani, Muhammad (2024) APLIKASI PENGELOLAAN DATA PENYULUHAN PERIKANAN DAN SISTEM INFORMASI GEOGRAFIS PADA DINAS KETAHANAN PANGAN DANPERIKANAN KABUPATEN BARITO KUALA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (114kB)
[img] Text
lembar pengesahan.pdf

Download (45kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (269kB)

Abstract

Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Barito Kuala mempunyai tugas pokok membantu Bupati dalam melaksanakan kewenangan pemerintah daerah di bidang Ketahanan Pangan, dan Perikanan. Adapun beberapa fungsi dari Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan antaralain adalah perumusan kebijakan bidang perikanan, pelaksanaan kebijakan bidang perikanan, pelaksanaan evaluasi dan pelaporan bidang perikanan, pelaksanaan administrasi dinas perikanan dan pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Bupati terkait dengan tugas dan fungsinya. Pada pelaksanaan pengelolaan data penyuluhan perikanan yang dilakukan oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Barito Kuala masih menggunakan cara manual dan berkas fisik sebagai arsip, dengan berkas fisik yang dikelola masih dengan cara manual dan berkas fisik membuat data terpisah pisah dan menyulitkan apabila ingin dilakukan rekapitulasi sebagai pertanggung jawaban pelaksanaan kegiatan. Begitupun dengan berkas fisik yang rentan akan rusak dan hilang. Pembuatan sistem pengelolaan data penyuluhan perikanan dan sistem informasi geografis ini bertujuan untuk mempermudah proses pengelolaan data penyuluhan perikanan mulai dari jadwal pelaksanan penyuluhan, data kelompok, laporan hasil penyuluhan, hasil panen, dan laporan hasil pelaksanaan. Pada aplikasi juga terdapat fitur cetak data guna memudahkan pegawai dalam mengelola laporan pertanggungjawaban pelaksanaan kegiatan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: pengelolaan, penyuluhan perikanan, web, informasi geografis.
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Muhammad Ramadhani
Date Deposited: 17 Jan 2024 03:49
Last Modified: 17 Jan 2024 03:49
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19328

Actions (login required)

View Item View Item