IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM REHABILITASI RUMAH TIDAK LAYAK HUNI DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KECAMATAN ASTAMBUL

Fitriyah, Nur Laila (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM REHABILITASI RUMAH TIDAK LAYAK HUNI DALAM PENANGGULANGAN KEMISKINAN DI KECAMATAN ASTAMBUL. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
LEMBAR PENGESAHAN.pdf

Download (478kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN.pdf

Download (413kB)
[img] Text
ARTIKELLL.pdf

Download (86kB)

Abstract

Implementasi kebijakan program rehabilitasi bantuan rumah tidak layak huni merupakan program meningkatkan taraf hidup masyarakat. Pelaksanaan Program Rumah Tidak Layak Huni (RTLH) dilaksanakan secara langsung oleh Dinas Sosial Kabupaten Banjar. Implementasi program rehabilitasi rumah tidak layak huni tidak terlepas dari keberhasilan penerapan yang akan dicapai meliputi Komunikasi, Sumberdaya, Disposisi, dan Struktur birokrasi. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui implementasi program rehabilitasi rumah tidak layak huni di Desa Limamar serta mengetahui faktor hambatan program rehabilitasi rumah tidak layak huni di Desa Limamar Kecamatan Astambul. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil dan pembahasan penelitian tentang implementasi program rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH) dapat dikategorikan terlaksana dengan baik hal ini dapat diketahui sebagai berikut: Komunikasi yang terjalin melalui sosialisasi peraturan penerima bantuan rumah tidak layak huni sudah dilakukan. Sumberdaya pelaksana melalui pendataan penerimaan bantuan sudah terlaksana dengan baik. Disposisi pengambilan keputusan belum tepat sasaran hal ini dikarenakan penerima bantuan tergolong sangat banyak, sehingga menepatkan penerima bantuan program sangat sukar. Sedangkan struktur pelaksana program rehabilitasi rumah tidak layak huni melalui kerjasama yang dialakukan Oleh Dinas sosial bersama dengan lurah dan RT/RW terlaksana dengan maksimal. Menyarankan Dinsos (P3AP2KB) Kabupaten Banjar lebih ditekankan melakukan komunikasi secara langsung terhadap masyarakat melalui sosialisasi mengenai bantuan Program rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Kebijakan, Masyarakat Miskin
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Nur Laila Fitriyah
Date Deposited: 25 Jan 2024 03:02
Last Modified: 25 Jan 2024 03:02
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19375

Actions (login required)

View Item View Item