ANALISIS FAKTOR RISIKO TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI PADA PETUGAS PENYULUH KB DI DINAS P3APPKB KABUPATEN KAPUAS PROVINSI KALIMANTAN TENGAH TAHUN 2023)

Yulianti, Endang (2024) ANALISIS FAKTOR RISIKO TERHADAP KECELAKAAN LALU LINTAS (STUDI PADA PETUGAS PENYULUH KB DI DINAS P3APPKB KABUPATEN KAPUAS PROVINSI KALIMANTAN TENGAH TAHUN 2023). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Endang.pdf

Download (109kB)
[img] Text
PENGESAHAN ENDANG.pdf

Download (174kB)
[img] Text
PERNYATAAN KEASLIAN ENDANG.pdf

Download (195kB)

Abstract

Data Dinas P3APPKB pada tahun 2022 menyatakan sebanyak 2 orang PKB mengalami kecelakaan kerja saat bekendara menggunakan sepeda motor menuju lokasi kegiatan hal ini di karenakan petugas melewati jalanan yang berlubang dan berair dan licin akibat hujan. Penelitian bertujuan mengetahui analisis faktor risiko terhadap kecelakaan lalu lintas (studi pada Petugas Penyuluh KB di Dinas P3APPKB Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah Tahun 2023). Metode penelitian deskriptif kualitatif dengan jumlah sampel sebanyak 5 informan diambil secara purposive sampling. Pengumpulan data dengan melakukan observasi, wawancara mendalam dan dokumentasi atau gabungan ketiganya (triangulasi). Hasil penelitian menunjukkan faktor manusia yang berisiko menyebabkan kecelakaan lalu lintas adalah perilaku manusia yang berkendara dengan kondisi lelah, kurang tidur atau mengantuk, melamun, tidak tertib seperti menggunakan atau mengangkat handpone saat berkendara. Faktor kendaraan yang berisiko menyebabkan kecelakaan lalu lintas adalah kondisi kendaraan yang sudah sangat lama dan mesin sudah sangat tua kurang layak digunakan dengan kondisi jalan yang licin dan rusak. Faktor lingkungan yang berisiko menyebabkan kecelakaan lalu lintas adalah jalan rusak, berlubang, berbatu, tanah hitam dan merah yang sangat licin setelah hujan sehingga sangat berisiko terjadinya kecelakaan lalu lintas. Bagi Dinas P3APPKB Kabupaten Kapuas Provinsi Kalimantan Tengah diharapkan dapat merealisasikan pengadaan kendaraan motor roda 2 jenis trail untuk mempermudah petugas PKB melakukan kegiataan menuju desa binaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Risiko kecelakaan lalu lintas, faktor manusia, faktor kendaraan, faktor lingkungan
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Endang Yulianti
Date Deposited: 03 Feb 2024 03:34
Last Modified: 03 Feb 2024 03:34
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19452

Actions (login required)

View Item View Item