ANALISIS PENILAIAN SAHAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRICE EARNING RATIO (PER) DAN PRICE BOOK VALUE (PBV) (STUDI PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA PERIODE 2018-2022)

Rahmawati, Pandu (2024) ANALISIS PENILAIAN SAHAM DENGAN MENGGUNAKAN METODE PRICE EARNING RATIO (PER) DAN PRICE BOOK VALUE (PBV) (STUDI PADA PT. BANK RAKYAT INDONESIA PERIODE 2018-2022). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Repository 2.pdf

Download (36kB)
[img] Text
Surat Pengesahan Skripsi.pdf

Download (353kB)
[img] Text
Pernyataan Asli Skipsi.pdf

Download (373kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Nilai dan Posisi saham suatu perusahaan jika dihitung dengan menggunakan Metode Price Earning Ratio (PER) dan Price Book Value (PBV), kemudian dilakukan pengambilan keputusan investasi saham perusahaan. Kinerja Keuangan perusahaan digunakan oleh para investor sebagai alat ukur sebelum mereka membeli, menjual atau menahan modalnya terhadap salah satu perusahaan. Salah satu penilaian investor adalah mengetahui harga pasar suatu saham yang bisa terlalu tinggi (overvalued), terlalu rendah (undervalued), atau sama dengan harga buku (fairvalued). Metode penelitian yang digunakan yaitu Deskriptif Kuantitatif, intrumen penelitian yang digunakan yaitu dokumentasi data laporan keuangan tahunan PT. Bank Rakyat Indonesia (persero) Tbk tahun 2018-2022, yang diperoleh dari website resmi Bursa Efek Indonesia. Penelitian ini mengambil objek pada perusahaan PT. Bank Raykat Indonesia (persero) Tbk. yang terdaftar di BEI periode tahun 2018-2022. Hasil penelitian menunjukan bahwa jika investor memilih melakukan penilaian saham pada PT. Bank Rakyat Indonesia Tbk. menggunakan metode Price Earning Ratio (PER), maka investor sebaiknya menjual saham perusahaan tersebut. Karena nilai PER berada di posisi overvalued, yang mana nilai intrinsik saham lebih kecil daripada nilai pasar saham. Begitu juga, jika investor memilih penilaian saham menggunakan metode Price Book Value (PBV), maka investor sebaiknya menjual saham perusahaan tersebut, karena nilai PBV berada di posisi overvalued, yang mana nilai PBV lebih besar dari satu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Nilai saham, price earning ratio, price book value
Subjects: H Social Sciences > HA Statistics
H Social Sciences > HB Economic Theory
H Social Sciences > HC Economic History and Conditions
H Social Sciences > HG Finance
H Social Sciences > HJ Public Finance
Depositing User: Pandu Dwi Winiar Rahmawati
Date Deposited: 27 Feb 2024 02:04
Last Modified: 27 Feb 2024 02:04
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19454

Actions (login required)

View Item View Item