KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI BALAI BENIH IKAN SUNGAI KAMBAT DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERIKANAN KABUPATEN BARITO KUALA

Hartati, Arini Rama (2024) KELAYAKAN USAHA BUDIDAYA BENIH IKAN NILA (Oreochromis niloticus) DI BALAI BENIH IKAN SUNGAI KAMBAT DINAS KETAHANAN PANGAN DAN PERIKANAN KABUPATEN BARITO KUALA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Arini.pdf

Download (120kB)
[img] Text
Dokumen dari Arini Rama Hartati, S.P.pdf

Download (635kB)
[img] Text
Dokumen dari Arini Rama Hartati, S.P.pdf

Download (467kB)

Abstract

Penelitian kelayakan usaha budidaya benih ikan nila di BBI Sungai Kambat Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Barito Kuala ialah bertujuan mengetahui aspek teknis budidaya benih ikan nila, mengetahui dan menghitung komponen biaya tetap, biaya variabel, dan total biaya, mengetahui dan menghitung penerimaan, keuntungan serta kelayakan usaha budidaya benih ikan nila, dan mengetahui permaslahan-permasalahan dalam budidaya benih ikan nila. Metode pengambilan sampel yang digunakan ialah metode studi kasus, dimana penentuan responden diambil dari pihak terkait yang menangani usaha budidaya benih ikan nila di BBI Sungai Kambat. Metode pengumpulan data yang digunakan ialah observasi, wawancara, dokumentasi, dan studi pustaka. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini ialah data kualitatif dan data kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian dari pengupulan data dalam periode 6 bulan produksi diperoleh biaya total sebesar Rp 13.627.750,- yang diperoleh dari biaya tetap sebesar Rp 5.352.750,- dan biaya variabel sebesar Rp 8.275.000,-. Penerimaan yang diperoleh ialah sebesar Rp 18.760.000,- dengan keuntungan yang didapat sebesar Rp 5.132.250,- perhitungan R/C Ratio yang diperoleh ialah sebesar 1,37 menunjukan bahwa usaha budidaya benih ikan nila di BBI Sungai Kambat Dinas Ketahanan Pangan dan Perikanan Kabupaten Barito Kuala sudah efisien (layak dijalankan).

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Kelayakan Usaha, Penerimaan, Keuntungan, R/C Ratio, Ikan Nila
Subjects: S Agriculture > S Agriculture (General)
Depositing User: Arini Rama Hartati
Date Deposited: 22 Jan 2024 06:05
Last Modified: 22 Jan 2024 06:05
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19487

Actions (login required)

View Item View Item