APLIKASI PENGELOLAAN KELOMPOK DAN HASIL PANEN BERBASIS WEB PADA BALAI PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) BAPINANG KOTAWARINGIN TIMUR

Raflyanor, Raflyanor (2024) APLIKASI PENGELOLAAN KELOMPOK DAN HASIL PANEN BERBASIS WEB PADA BALAI PENYULUHAN PERTANIAN (BPP) BAPINANG KOTAWARINGIN TIMUR. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (235kB)
[img] Text
Pengesahan Skripsi.pdf

Download (185kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (846kB)

Abstract

Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Bapinang adalah instansi pemerintahan yang berfokus untuk memberikan arah, pedoman dan tujuan dalam penyelenggaraan penyuluhan untuk petani. Permasalahan di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Bapinang saat ini adalah pencatatan data kegiatan kelompok tani seperti data tanam, data kegiatan, data masalah, data ajuan, serta data panen yang manual dengan kertas dan pulpen sebagai alat pencatatan, sehingga pegawai harus mengunjungi kelompok tani di wilayah masing-masing untuk pendataan, serta masalah pegawai yang membuat data kelompok tani, data gabungan kelompok tani, data wilayah, data komoditas, serta pembuatan laporan yang masih menggunakan Microsoft Excel, dan kepala balai yang masih belum bisa memantau pengolahan data kelompok tani, data laporan dan membuat data analisis dengan cepat melalui aplikasi. Untuk pemecahan masalah maka dibuatlah aplikasi bisa memudahkan pegawai untuk melakukan pencatatan data kelompok tani, pengelolaan data pertanian, pencarian data dan pembuatan laporan agar proses lebih mudah dan efisien. Pembuatan aplikasi berbasis web menggunakan bahasa pemrograman PHP dan MySQL dengan metode pengembangan sistem Waterfall. Hasil dari penelitian ini adalah pembuatan web untuk pengolahan data kelompok tani dan hasil panen agar memudahkan pegawai untuk melakukan pengolahan kelompok tani, pencarian data, pembuatan laporan, dan aplikasi yang dibuat dapat digunakan oleh petani, pegawai, dan kepala.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pertanian, Panen, Web
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Raflyanor
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:49
Last Modified: 12 Feb 2024 02:49
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19501

Actions (login required)

View Item View Item