PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PERMENHUB RI NOMOR PM 65 TAHUN 2020 TENTANG KEBIJAKAN KONVERSI MOTOR KE MOTOR LISTRIK DI KOTA BANJARBARU

Minarti, Susi (2024) PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PELAKSANAAN PERMENHUB RI NOMOR PM 65 TAHUN 2020 TENTANG KEBIJAKAN KONVERSI MOTOR KE MOTOR LISTRIK DI KOTA BANJARBARU. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
abstrak.pdf

Download (98kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Susi.pdf

Download (332kB)
[img] Text
Surat keaslian Susi.pdf

Download (327kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui partisipasi masyarakat dalam pelaksanaan kebijakan peralihan ke energi terbarukan untuk transportasi termuat pada PERMENHUB RI Nomor PM 65 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Konversi Motor Ke Motor Listrik Di Kota Banjarbaru dan mengetahui faktor kendala partisipasi masyarakat pada pelaksanaan PERMENHUB RI Nomor PM 65 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Konversi Motor Ke Motor Listrik Di Kota Banjarbaru. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif bertujuan untuk memahami fenomena yang dialami subjek penelitian dengan cara deskripsi kata-kata dan bahasa. Data dikumpulkan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan empat alur yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa partisipasi masyarakat pada pelaksanaan PERMENHUB RI Nomor PM 65 Tahun 2020 Tentang Kebijakan Konversi Motor Ke Motor Listrik Di Kota Banjarbaru belum berjalan maksimal ditandai rendahnya partisipasi masyarakat pada pelaksanaan konversi. Berdasarkan analisis partisipasi masyarakat menggunakan teori Oakley (dalam Rahmawati, 2021) sebagai berikut : Adanya kontribusi masyarakat berkontribusi ditandai adanya masyarakat sebagai penyedia motor listrik dan bengkel yang melakukan konversi, Adanya Pengorganisasian belum berjalan efektif karena minim informasi masyarakat tentang konversi, Peran dan Aksi Masyarakat sebagai pengguna belum maksimal karena sarana dan prasarana belum memadai, Motivasi Masyarakat dalam konversi belum sepenuhnya memiliki dorongan atau rasa keinginan konversi motor listrik karena ketidakmampuan masyarakat dan Tanggung Jawab Masyarakat dikota Banjarbaru memiliki rasa tanggung jawab dengan memahami taat peraturan yang berlaku. Dan Faktor kendala Pelaksanaan berdasarkan analisis peneletian pada Adanya Kontribusi, masyarakat terkendala dengan ketidakmampuan masyarakat, Adanya Pengorganisasian terkendala kurang informasi pada pelaksanaan konversi, Peran dan Aksi Masyarakat terkendala sarana dan prasarana belum memadai, Motivasi Masyarakat terkendala kemampuan masyarakat berbeda-beda, Tanggung Jawab Masyarakat memahami peraturan namun tentang pelaksanaan konversi masyarakat minim informasi.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Partisipasi, Masyarakat, Kebijakan, Konversi Motor
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Susi Minarti
Date Deposited: 30 Mar 2024 02:44
Last Modified: 30 Mar 2024 02:44
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19521

Actions (login required)

View Item View Item