IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMUNGUTAN PAJAK SARANG BURUNG WALET PADA BADAN PENGELOLAAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH KABUPATEN BARITO KUALA

Raunaqy, Muhammad Giftah (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PEMUNGUTAN PAJAK SARANG BURUNG WALET PADA BADAN PENGELOLAAN PAJAK DAN RETRIBUSI DAERAH KABUPATEN BARITO KUALA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
File PDF Abstrak.pdf

Download (266kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (166kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (152kB)

Abstract

Muhammad Giftah Raunaqy, NPM. 19.12.0049 “Implementasi Kebijakan Pemungutan Pajak Sarang Burung Walet Pada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah” Bimbingan Ibu Norsanti sebagai Pembimbing Pertama dan Ibu Sitna Hajar Malawat sebagai Pembimbing Kedua. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi Kebijakan Pemungutan Pajak Sarang Burung Walet serta kendala yang terjadi pada saat proses implementasi kebijakan pada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Barito Kuala. Metode penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian kualitatif deskriptif data dikumpulkan dengan Wawancara, Observasi, dan Dokumentasi yang dilakukan kepada empat orang informan. Sampel ditentukan dengan menggunakan teknik sampling purposive Analisis data menggunakan Reduksi data, Penyajian data, dan Penarikan kesimpulan. Hasil penelitian berdasarkan teori implementasi kebijakan menurut Mazmanian dan Sabatier menunjukan bahwa implementasi kebijakan pemungutan pajak sarang burung walet pada Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah Kabupaten Barito Kuala sudah berjalan dengan baik, serta pada pelaksanaanya sudah terbilang baik, dengan pemahaman kebijakan dari implementor yang sudah menguasai, serta dari wajib pajak yang bersedia dalam membayar pajak sarang burung waletnya sehingga mendukung capaian realisasi Pendapatan Asli Daerah Kabupaten Barito Kuala. Adapun kendala yang ditemukan dalam proses pemungutan pajak sarang burung walet tersebut adalah tentang kurangnya sumberdaya seperti anggaran ataupun tenaga ahli dari pihak implementor, serta dari wajib pajak atau pengusaha sarang burung yang terkendala panen yang tidak menentu,pemahaman kebijakan yang masih kurang, serta kurangnya kesadaran wajib pajak terhadap pembayaran pajak sarang burung walet.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Implementasi,Kebijakan,Kebijakan Publik, Pajak Sarang Burung Walet
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Muhammad Giftah Raunaqy
Date Deposited: 24 Jan 2024 02:34
Last Modified: 24 Jan 2024 02:34
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19538

Actions (login required)

View Item View Item