FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA PEKERJA POLINASI KELAPA SAWIT DI PT. MENTENG KENCANA MAS (MKM) KABUPATEN PULANG PISAU TAHUN 2023

Syalamah, Syalamah (2024) FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN KEPATUHAN ALAT PELINDUNG DIRI (APD) PADA PEKERJA POLINASI KELAPA SAWIT DI PT. MENTENG KENCANA MAS (MKM) KABUPATEN PULANG PISAU TAHUN 2023. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB.

[img] Text
abstrak Syalamah.pdf

Download (189kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi (1).pdf

Download (549kB)
[img] Text
Lembar Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (529kB)

Abstract

Alat Pelindung Diri (APD) merupakan alat yang digunakan para pekerja untuk melindungi diri dari kemungkinan risiko dan kecelakaan kerja yang mungkin terjadi di lingkungan kerja. Penggunaan APD yang baik akan memberikan jaminan kepada pekerja dari kejadian sehingga dapat meningkatkan kinerja pekerja dan organisasi. Faktanya, masih ada pekerja yang karena berbagai alasan tidak mematuhi aturan penggunaan alat pelindung diri (APD). Akibatnya, mereka harus bekerja dalam kondisi yang tidak aman. Hal ini dapat mengakibatkan dokter menghadapi Infeksi Terkait Kata (PAK), luka, kecelakaan, ketidakmampuan, bahkan kematian. Penelitian ini mempunyai tujuan ialah guna memahami korelasi usia, pendidikan, wawasan serta sikap dengan kepatuhan pemakaian APD pada pegawai polinasi di PT. Menteng Kencana Mas Tahun 2023. Jenis penelitian menerapkan metodologi kuantitatif dengan pendekatan cross sectional. Populasi pada penelitian ini semua pekerja polinasi di PT. Menteng Kencana Mas Tahun 2023 sebanyak 104 pekerja. Sampel yang dihimpun sejumlah 51 responden menerapkan teknik aksidental sampling. Uji statistic menerapkan Uji Chi square. Perolehan studi memperlihatkan tidak ada korelasi usia dengan kepatuhan pemakaian APD (p=1,000), tidak ada korelasi pendidikan dengan kepatuhan pemakaian APD (p=0,235), tak ada korelasi pengetahuan dengan kepatuhan pemakaian APD (p=0,392) dan tak ada korelasi sikap dengan kepatuhan pemakaian APD (p=1,000). Pihak perusahaan dapat meningkatkan pengawasan dan upaya langsung sehubungan dengan penggunaan peralatan pertahanan individu kepada pekerja untuk mengurangi kecelakaan terkait bisnis yang terjadi jika mereka tidak menggunakan peralatan pertahanan individu.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: alat pelindung diri, hubungan, usia, pendidikan, pengetahuan, kepatuhan, sikap
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Syalamah
Date Deposited: 24 Jan 2024 01:18
Last Modified: 24 Jan 2024 01:18
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19544

Actions (login required)

View Item View Item