PENGARUH PROGRAM GAPURA KAROMAH (GERAKAN PENINGKATAN USAHA RAKYAT MELALUI KREDIT TANPA BUNGA DAN RENTE BAGI EKONOMI LEMAH) TERHADAP PENDAPATAN UMKM DI KECAMATAN PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT

Qadriah, Shinta (2024) PENGARUH PROGRAM GAPURA KAROMAH (GERAKAN PENINGKATAN USAHA RAKYAT MELALUI KREDIT TANPA BUNGA DAN RENTE BAGI EKONOMI LEMAH) TERHADAP PENDAPATAN UMKM DI KECAMATAN PELAIHARI KABUPATEN TANAH LAUT. Diploma thesis, UNIVERSITAS ISLAM KALIMANTAN MAB.

[img] Text
Abstrak Shinta Qadriah.pdf

Download (104kB)
[img] Text
Pengesahan Shinta.pdf

Download (315kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Shinta.pdf

Download (193kB)

Abstract

Tujuan yang ingin dicapai dari penelitian ini yaitu 1) untuk mengetahui sasaran Program Gapura Karomah (Gerakan Peningkatan Usaha Rakyat Melalui Kredit Tanpa Bunga dan Rente Bagi Ekonomi Lemah). 2) untuk mengetahui pendapatan UMKM di Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut. 3) untuk mengetahui dan membuktikan pengaruh Program Gapura Karomah (Gerakan Peningkatan Usaha Rakyar Melalui Kredit Tanpa Bunga dan Rente Bagi Ekonomi Lemah) terhadap pendapatan UMKM di Kecamatan Pelaihari kabupaten Tanah Laut. Metode yang digunakan ialah kuantittaif. Hasil penelitian menunjukkan 1) Program Gapura Karomah (Gerakan Peningkatan Usaha Rakyat Melalui Kredit Tanpa Bunga dan Rente Bagi Ekonomin Lemah) dapat mengembangkan usaha mikro, kecil, dan menengah yang mana hal itu akan menunjang pengembangan dari ekonomi daerah. 2) Dengan pemberian pinjaman tersebut pemerintah daerah mengharapkan pendapat an para pengusaha UMKM dapat meningkat. 3) Pengaruh variabel program berpengaruh signifikan terhadap Pendapatan UMKM (Y). Program Gapura Karomah (Gerakan Peningkatan Usaha Rakyat Melalui Kredit Tanpa Bunga dan Rente Bagi Ekonomin Lemah) Terhadap Pendapatan UMKM Di Kecamatan Pelaihari Kabupaten Tanah Laut sebesar 76.6% sedangkan sisanya 23.3% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Program Gapura ; Kredit Tanpa Bunga ; Ekonomin Lemah ; Pendapatan UMKM ; Pelaihari
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Shinta Qadriah
Date Deposited: 14 Mar 2024 03:21
Last Modified: 14 Mar 2024 03:21
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19547

Actions (login required)

View Item View Item