EFEKTIVITAS PENANGANAN KENDALA DALAM PENDAFTARAN TANAH DI HULU SUNGAI SELATAN (STUDI DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN DALAM PROGRAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP)

AL HASANI, MUHAMMAD IHZA (2024) EFEKTIVITAS PENANGANAN KENDALA DALAM PENDAFTARAN TANAH DI HULU SUNGAI SELATAN (STUDI DI KANTOR PERTANAHAN KABUPATEN HULU SUNGAI SELATAN DALAM PROGRAM PENDAFTARAN TANAH SISTEMATIS LENGKAP). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK MUHAMMAD IHZA AL HASANI 19810205.pdf

Download (562kB)
[img] Text
PENGESAHAN MUHAMMAD IHZA AL HASANI 19810205.pdf

Download (410kB)
[img] Text
PERNYATAAN ORISINALITAS MUHAMMAD IHZA AL HASANI 19810205.pdf

Download (209kB)

Abstract

Pasal 19 ayat (1) Undang-Undang Nomor 5 Tahun 1960 tentang UUPA memuat tujuan pendaftaran tanah yakni untuk menjamin kepastian hukum. Demi tercapainya tujuan tersebut, program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap diharapkan menjadi solusi untuk mendorong jumlah pendaftaran tanah di Indonesia. Namun dalam pelaksanaan program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap tersebut masih terdapat beberapa kendala yang dihadapi oleh BPN selaku pelaksana program tersebut. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu: 1) Apa kendala yang dihadapi Kantor Pertanahan Kab. Hulu Sungai Selatan dalam pelaksanaan program PTSL; 2) Bagaimana solusi Kantor Pertanahan Kab. Hulu Sungai Selatan dalam menyelsaikan kendala yang timbul dalam pelaksanaan program PTSL sehingga dapat mendorong proses pendaftaran tanah di masyarakat; Dalam menyusun penelitian ini, menggunakan jenis penelitian deskriptif dan pendekatan penelitian yang digunakan Yuridis Empiris. Lokasi penelitian yang dipilih adalah Kabupaten Hulu Sungai Selatan, dimana data primer diperoleh dari Kantor Pertanahan Kabupaten Hulu Sungai Selatan dan masyarakat yang berkaitan dengan permasalahan penelitian, data sekunder diperoleh melalui pustaka yang meliputi buku-buku, artikel dan dokumen-dokumen serta internet yang berkaitan dengan objek penelitian. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara studi lapangan dan kepustakaan. Untuk teknik analisis data dilakukan secara kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan diperoleh bahwa: 1) Kendala yang dihadapi oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam pelaksanaan program PTSL dibedakan menjadi kendala teknis dan kendala yuridis; 2) Solusi yang diberikan oleh Kantor Pertanahan Kabupaten Hulu Sungai Selatan adalah dengan cara menyesuaikan atas kendala teknis dan kendala yuridis yang timbul, dalam hal ini terdapat solusi kendala secara teknis, dan solusi kendala secara yuridis; Upaya Kantor Pertanahan Kabupaten Hulu Sungai Selatan dalam mendorong pendaftaran tanah di masyarakat salah satunya adalah dengan meningkatkan pemahaman masyarakat dalam bidang pertanahan, serta memberikan kemudahan dalam pelayanan publik. Adapun saran penulis untuk Kantor Pertanahan Kabupaten Hulu Sungai Selatan agar dapat memaksimalkan media elektronik dalam memberikan informasi bagi masyarakat berkaitan dengan pendaftaran tanah, sehingga dapat meminimalisir kendala yang ditimbulkan dalam program PTSL.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap, Kantor Pertanahan
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Muhammad Ihza Al Hasani
Date Deposited: 27 Jan 2024 02:40
Last Modified: 27 Jan 2024 02:40
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19587

Actions (login required)

View Item View Item