APLIKASI E-ARSIP DINAMIS BERBASIS WEB PADA BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN PERWAKILAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN

Rizali, Nur Azizah (2024) APLIKASI E-ARSIP DINAMIS BERBASIS WEB PADA BADAN PENGAWASAN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN PERWAKILAN PROVINSI KALIMANTAN SELATAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (83kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (51kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi..pdf

Download (208kB)

Abstract

Badan Pengawas Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Provinsi Kalimantan Selatan merupakan aparat pengawas intern pemerintah yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Presiden. BPKP sebagai pengawas keuangan dan pembangunan Nasional tentu menghasilkan banyak arsip dari setiap bidang yang ada. Pengelolaan arsip-arsip ini masih menggunakan metode Microsoft Excel, sehingga kurang efisisen. Begitu juga dengan metode peminjaman arsip inaktif yang mana pengelolaannya juga masih menggunakan kertas atau buku. Tujuan pembuatan aplikasi ini agar arsiparis BPKP dapat mengelola arsip inaktif dan arsip aktif dengan lebih mudah dan dapat menampilkan laporan kinerja. Metode pengumpulan data dilakukan dengan requirement analysis, yaitu mendapatkan informasi mengenai rancangan sistem yang dibutuhkan pengguna dalam menyelesaikan tugas, mengelompokan proses dari pengelolaan arsip inaktif dan arsip aktif, pengelolaan peminjaman arsip dan pemusnahan arsip inaktif, serta penggunaan rancangan model sistem UML(Unified Modeling Language), sehingga dalam perancangan sistem lebih terstruktur, dari pembagian level admin dan pegawai. Dari hasil perancangan sistem dan analisis sistem lama ke sistem baru dihasilkan aplikasi e-arsip dinamis berbasis WEB, dimana dengan aplikasi ini dapat membantu level admin dalam mengelola arsip inaktif juga arsip aktif dan level pegawai dapat dengan mudah melakukan pengajuan mutasi arsip aktif. Pada peneliatin selanjutnya dapat menambahkan fitur baru seperti penggunaan barcode di setiap arsip.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Arsip Inaktif, Arsip Aktif, Rancangan, WEB, UML
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: Nur Azizah Rizali
Date Deposited: 26 Jan 2024 01:40
Last Modified: 26 Jan 2024 01:40
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19590

Actions (login required)

View Item View Item