IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) DALAM MENANGGULANGI KAWASAN KUMUH DI KELURAHAN KELAYAN BARAT KOTA BANJARMASIN

Sarjudin, Sarjudin (2024) IMPLEMENTASI KEBIJAKAN PROGRAM KOTA TANPA KUMUH (KOTAKU) DALAM MENANGGULANGI KAWASAN KUMUH DI KELURAHAN KELAYAN BARAT KOTA BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK SARJUDIN.pdf

Download (63kB)
[img] Text
pengesahan Sarjudin.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Pernyataan Sarjudin.pdf

Download (1MB)

Abstract

Sarjudin 19120446 2023 Implementasi Kebijakan Program Kota Tanpa Kumuh (Kotaku) Dalam Menanggulangi Kawasan Kumuh Di Kelurahan Kelayan Barat Kota Banjarmasin. Tujuan Penelitian untuk memahami kebijakan pemerintah kota Banjarmasin dalam perwujudan kota tanpa kumuh. Metode penelitian Kualitatif deskriptif bjek penelitian yang berupa kawasan Kumuh di kota banjarmasin. Teknik analisis data menggunakan teori Miles dan Huberman yang terdiri atas Reduksi data,Penyajian data,dan Penarikan kesimpulan. Hasil Penelitian menunjukan bahwa Implementasi kebijakan telah sesuai dengan SK Walikota Banjarmasin nomor 215 tahun 2022. Telah terimplementasi dengan baik dan berkembang signifikan dalam penanganan Kota kumuh di kota Banjarmasin. Berdasarkan analisis teori dapat disimpulkan terwujudnya program kotaku karena adanya kolaborasi instansi terkait dan skateholder lainnya serta peran suatu organisasi yang telah di bina oleh dinas perkim, dari Sumber daya yang di kerahkan pada Progam kotaku di kelurahan kelayan barat itu adalah masyarakat sendiri, pemerintah membuat suatu organisasi masyarakat dan di berikan bimbingan organisasi tersebut yaitu badan keswadayaan masyarakat (BKM). Meliat dari Penanganan kawasan kumuh di kelurahan kelayan barat sudah berjalan dengan baik sesuai SK Walikota nomor 215 tahun 2022 tentang penetapan kawasan kumuh di kota Banjarmasin , dari kebijakan tersebut saran peneliti agar dalam melakukan penanggulangan kawasan kumuh di kota Banjarmasin kembali yaitu, melakukan sosialisasi menyeluruh ke Kelurahan / ke kecematan sekitar agar tidak terjadinya konflik antar masyarakat yang berbeda pendapat.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Impelentasi, Kebijakan,Kotaku
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 27 Jan 2024 03:37
Last Modified: 27 Jan 2024 03:37
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19668

Actions (login required)

View Item View Item