KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMP NEGERI 5 BANJARMASIN

Husnul K, Ceriabakti (2024) KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK ASSERTIVE TRAINING UNTUK MENINGKATKAN KEPERCAYAAN DIRI SISWA DI SMP NEGERI 5 BANJARMASIN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak Husnul.pdf

Download (137kB)
[img] Text
PENGESAHAN HUSNUL.pdf

Download (237kB)
[img] Text
PERNYATAAN HUSNUL.pdf

Download (220kB)

Abstract

Kepercayaan diri merupakan satu bagian yang tidak dapat dilepaskan dari para siswa di sekolah. Kepercayaan diri tersebut merupakan salah satu faktor pendukung bagi para siswa untuk mewujudkan cita-cita mereka. Tingkat kepercayaan diri pada siswa bisa dilihat dalam kegatan sehari-hari siswa di sekolah. Kegiatan tersebut antara lain adalah kegiatan belajar mengajar, kegiatan berinteraksi dengan guru maupun teman, kegiatan individu siswa, dengan kegiatan lainnya. Seorang siswa yang memiliki kepercayaan diri yang tinggi akan memberikan dampak yang positif bagi dirinya di masa sekarang maupun di masa yang akan datang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas konseling kelompok dengan teknik Assertive Training untuk meningkatkan kepercayaan diri siswa kelas VIII G di SMP Negeri 5 Banjarmasin. Desain dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pretest-posttest one group design. Treatment dalam penelitian ini adalah layanan konseling kelompok dengan teknik Assertive Training. Sampel penelitian ini berjumlah 8 peserta didik kelas VIII G SMP Negeri 5 Banjarmasin, teknik dalam menentukan sampel menggunakan teknik Assertive Training. Teknik analisis menggunakan Independent Samples Test dengan menggunakan program Statistic Version 22. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan obsevarsi. Hasil penelitian menunjukan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik Asserive Training mengalami peningkatan terlihat pada hasil uji group statistic dengan nilai rata-rata gainscore kepercayaan diri siswa pada kelompok eksperimen = 5,00 dan pads kelompok control = -0,35. Hasil analisis Independent samples T test, maka berdasarkan tabel output hasil uji T, diperoleh nilai Signifikansi (2-tailed) = 0.000 yang berarti lebih kecil dari α 0.05. Dengan demikian, Ho ditolak dan Ha diterma. Berdasarkan hasil penelitian yang diperoleh maka dapat disimpulkan bahwa layanan konseling kelompok dengan teknik Asserive Training efektif untuk meningkatkan Kepercayaan Diri siswa di kelas VIII di SMP Negeri 5 Banjarmasin. Dari kesimpulan diatas, dapat dilihat bahwa Tingkat kepercayaan diri siswa sebelum diberikan layanan konseling teknik assertive training kelompok termasuk sedang dengan rata-rata nilai 62,62 Tingkat kepercayaan diri siswa sesudah diberian layanan konseling kelompok teknik assertive training termasuk dalam kategori sedang dengan rata-rata nilai 63,87.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Layanan Konseling Individual dengan teknik Shaping, perilaku terlambat datang ke sekolah
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ceriabakti Husnul Khatimah
Date Deposited: 30 Jan 2024 03:40
Last Modified: 30 Jan 2024 03:40
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19754

Actions (login required)

View Item View Item