EFEKTIVITAS PENERAPAN SANKSI PEMBUANGAN SAMPAH DI KABUPATEN BANJAR BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 4 TAHUN 2016 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH

Wardana, Huda Kusuma (2024) EFEKTIVITAS PENERAPAN SANKSI PEMBUANGAN SAMPAH DI KABUPATEN BANJAR BERDASARKAN PERATURAN DAERAH NOMOR 4 TAHUN 2016 TENTANG PENGELOLAAN SAMPAH. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
FILE PDF ABSTRAK HD.pdf

Download (158kB)
[img] Text
Pengesahan Huda 19810700.pdf

Download (142kB)
[img] Text
Pernyataan Orisinalitas Huda 19810700.pdf

Download (127kB)

Abstract

Tidak sedikit masyarakat membuang sampah dengan cara menaruhnya dipinggir jalan dan biasanya ketika sampah sudah berada dipinggir jalan itu tidak sedikit sehingga ketika kebiasaan meletakkan sampah dipinggir jalan itu diteruskan dari berbagai orang yang mengikuti membuang sampah dipinggir jalan yang bukan tempat pembuangan seharusnya. Melihat begitu besarnya dampak yang diakibatkan oleh pencemaran lingkungan terhadap keberlangsungan lingkungan hidup yang bersih dan sehat maka perlu adanya pengendalian terhadap dampak lingkungan hidup sehingga resiko pencemaran lingkungan hidup dapat diminimalisir. Penerapan Sanksi pidana wajib diberlakukan sebagai cara dalam menanggulangi masalah lingkungan. Penelitian ini difokuskan pada dua rumusan masalah, yaitu bagaimana pengaturan mengenai pengelolaan sampah di Kabupaten Banjar berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Sampah dan bagaimana efektivitas Penerapan sanksi terhadap pelaku pembuang sampah sembarangan di Kabupaten Banjar berdasarkan Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2016 tentang Pengelolaan Sampah. Penelitian ini merupakan penelitian hukum empiris, penelitian ini dikategorikan kedalam jenis penelitian deskriptif. Populasi penelitian adalah Populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat Kecamatan Astambul, Kecamatan Aranio, Kecamatan Beruntung Baru, Kecamatan Gambut, Kecamatan Karang Intan, Kecamatan Mataraman, Kecamatan Martapura, Kecamatan Martapura Barat, Kecamatan Martapura Timur, dan Kecamatan Pengaron. Teknik Pengambilan Sampel adalah Cluster Random Sampling. Teknik Pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, angket (kuesioner) dan dokumentasi. Dari penelitian ini diperoleh hasil bahwa peraturan daerah ini memberikan landasan yang kuat atau konsep dalam penyelenggaraan pengelolaan sampah yang berwawasan lingkungan, memberikan kejelasan perihal pembagian tugas dan peran seluruh para pihak yang terkait dalam pengelolaan sampah. Lalu adanya hambatan dari Satpol PP Kabupaten Banjar karena tidak bisa menerapkan langsung peraturan daerah terkait penerapan sanksi saat ini dilapangan. Disebabkan tidak adanya dasar hukum yang teruskan yang bisa langsung menindak menjalankan Peraturan Daerah. Maka dari itu kasus pelanggaran membuang sampah sembarangan sejauh ini tidak banyak yang diproses secara hukum sampai ke tingkat peradilan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Efektivitas Penerapan Sanksi, Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2016, Pengelolaan Sampah
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Huda Kusuma Wardana
Date Deposited: 20 Feb 2024 03:53
Last Modified: 20 Feb 2024 03:53
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19815

Actions (login required)

View Item View Item