ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA PT. ANEKA TAMBANG TBK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA

Fikri, Muhammad Ahsanul (2024) ANALISIS RASIO KEUANGAN UNTUK MENGUKUR KINERJA KEUANGAN PADA PT. ANEKA TAMBANG TBK YANG TERDAFTAR DI BURSA EFEK INDONESIA. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Lembar Pengesahan Skripsi.pdf

Download (447kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (452kB)
[img] Text
Abstrak_removed.pdf

Download (15kB)

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui : (1) tingkat rasio likuiditas, (2) solvabilitas, (3) profitabilitas, (4) aktivitas dan (5) kinerja keuangan pada tahun 2020 hingga 2022. Metode penelitian yang digunakan adalah deksriptif kualitatif, menggunakan analisis rasio keuangan yang data-datanya diperoleh dari www.idx.co.id yaitu laporan keuangan berupa laporan neraca dan laporan laba rugi didasarkan pada perhitungan rasio keuangan untuk mengetahui kinerja keuangan perusahaan. Hasil penelitian analisis rasio pada PT. Aneka Tambang Tbk menunjukkan bahwa : (1) Berdasarkan rasio likuiditas jika dilihat dari Current Ratio dan Quick Ratio secara keseluruhan mengalami kenaikan dan apabila dilihat dari Cash Ratio secara keseluruhan mengalami fluktuasi. (2) Berdasarkan rasio solvabilitas jika dilihat dari Debt to Asset Ratio dan Debt to Equity Ratio secara keseluruhan mengalami penurunan dan apabila dilihat dari Time Interest Earned Ratio secara keseluruhan mengalami kenaikan. (3) Berdasarkan rasio profitabilitas jika dilihat dari Net Profit Margin, Return on Asset dan Return on Equity secara keseluruhan mengalami kenaikan. (4) Berdasarkan rasio aktivitas jika dilihat dari Inventory Turnover, Fixed Asset Turnover dan Total Asset Turnover secara keseluruhan mengalami kenaikan. (5) Berdasarkan kinerja keuangan jika dilihat dari likuiditas yang menunjukkan kriteria baik hanya pada Cash Ratio tahun 2020 hingga 2022, jika dilihat dari solvabilitas secara keseluruhan pada tahun 2020 hingga 2022 menunjukkan kriteria baik, jika dilihat dari profitabilitas dan aktivitas secara keseluruhan pada tahun 2020 hingga 2022 menunjukkan kriteria tidak baik.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: analisis; rasio keuangan; kinerja keuangan
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
H Social Sciences > HD Industries. Land use. Labor > HD28 Management. Industrial Management
H Social Sciences > HF Commerce > HF5601 Accounting
H Social Sciences > HG Finance
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 12 Feb 2024 02:38
Last Modified: 12 Feb 2024 02:38
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19832

Actions (login required)

View Item View Item