HUBUNGAN PENGETAHUAN SIKAP DAN KETERSEDIAN SARANA PRASARANA DENGAN PERILAKU MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DIKELURAHAN SELAT TENGAH KABUPATEN KAPUAS TAHUN 2023

Apryadi, Muhardi (2024) HUBUNGAN PENGETAHUAN SIKAP DAN KETERSEDIAN SARANA PRASARANA DENGAN PERILAKU MASYARAKAT DALAM PENGELOLAAN SAMPAH DIKELURAHAN SELAT TENGAH KABUPATEN KAPUAS TAHUN 2023. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
ABSTRAK Afri.pdf

Download (118kB)
[img] Text
pengesahan skripsi (1).pdf

Download (356kB)
[img] Text
Keaslian Penelitian (1).pdf

Download (440kB)

Abstract

Permasalahan sampah merupakan masalah yang harus dihadapi masyarakat dan telah menjadi masalah global. Permasalahan yang ada di Kelurahan Selat Tengah Kabupaten Kapuas Rt 01 terkait pengelolaan sampah, masih ada masyarakat yang belum baik dalam mengelola sampah, baik sampah di dalam rumah maupun di luar rumah. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan pengetahuan sikap dan ketersedian sarana prasarana dengan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kelurahan Selat Tengah Kabupaten Kapuas Tahun 2023. Metode penelitian adalah kuantitatif yang bersifat analitik dengan pendekatan cross sectional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh ibu rumah tangga di RT 1 yang berjumlah 98 orang dan sampelnya menggunakan teknik total sampling sebesar 98 responden. Instrumen penelitian ini menggunakan kuesioner, teknik analisa data menggunakan uji Chi Square. Hasil penelitian didapat responden berperilaku kurang baik dalam pengelolaan sampah (55,1%), pengetahuan kurang tentang perilaku pengelolaan sampah (39,8%), sikap yang positif terhadap perilaku pengelolaan sampah sebanyak (81,6%) dan tidak tersedia sarana & prasarana dalam pengelolaan sampah (64,3%). Hasil uji Chi Square didapatkan bahwa ada hubungan pengetahuan (p-value=0,000), sikap (p-value=0,016) dan ketersediaan sarana dan prasarana (p-value=0,000) dengan perilaku masyarakat dalam pengelolaan sampah di Kelurahan Selat Tengah Tahun 2023. Perlu diadakannya penyuluhan tentang cara mengelola sampah yang baik untuk lebih meningkatkan pengetahuan masyarakat dengan metode yang menarik dan efektif.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Perilaku Pengelolaan Sampah, Pengetahuan, Sikap, Sarana & Prasarana
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Muhardi Apryadi
Date Deposited: 12 Feb 2024 01:48
Last Modified: 12 Feb 2024 01:48
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19868

Actions (login required)

View Item View Item