TINJAUAN YURIDIS PERKAWINAN DI BAWAH TANGAN DAN AKIBAT HUKUM TERHADAP STATUS ANAK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN

Anto, Depri (2024) TINJAUAN YURIDIS PERKAWINAN DI BAWAH TANGAN DAN AKIBAT HUKUM TERHADAP STATUS ANAK BERDASARKAN UNDANG-UNDANG NOMOR 1 TAHUN 1974 TENTANG PERKAWINAN. Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
rev.pdf

Download (332kB)
[img] Text
pengesahan.pdf

Download (991kB)
[img] Text
ori.pdf

Download (41kB)

Abstract

ABSTRAK Depri Anto, Npm. 19.81.0471, dengan judul “Tinjauan Yuridis Perkawinan Di Bawah Tangan Dan Akibat Hukum Terhadap Status Anak Berdasarkan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan”. dibawah bimbingan Muthia septarina, S.H.I,. M.H.I,. selaku Pembimbing I dan Salamiah, S.H., M.H selaku pembimbing II. Kata Kunci : Tinjauan yuridis, Perkawinan di bawah tangan, UU Nomor 1 Tahun 1974 Konflik permasalahan perkawinan di bawah tangan dikarena faktor hamil di luar nikah yang menjadi alasan pasangan di bawah umur melakukan perkawinan adalah karena pasangannya sudah hamil sebelum dilakukannya perkawinan sebagai akibat pergaulan yang terlalu bebas, sehingga untuk menutupi aib keluarga maka harus segera dilakukan perkawinan. Penelitian ini di fokuskan pada dua rumusan masalah, yaitu akibat hukum perkawinan dibawah tangan berdasarkan Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan dan perlindungan hukum terhadap anak yang lahir di bawah tangan dalam perkawinan. Penelitian ini menggunakan metode metode penelitian hukum normatif yaitu metode penelitian kepustakaan (Library Research). Metode penelitian hukum normatif atau metode penelitian hukum kepustakaan merupakan metode atau cara yang dipergunakan di dalam penelitian hukum yang dilakukan dengan cara meneliti bahan pustaka yang ada. Dari penelitian ini di peroleh hasil bahwa akibat hukum perkawinan dibawah tangan berdasarkan Undang-undang Nomor 1 Tahun 1974 tentang perkawinan membawa akibat hukum dari perkawinan yang tidak didaftarkan karena perkawinannya tidak terdaftar berdasarkan Undang-Undang Nomor 16 tahun 2019 atas perubahan Undang-Undang Nomor 1 Tahun 1974 Tentang Perkawinan, yang mana perkawinan yang tidak didaftarkan tidak mempunyai kekuatan hukum, Berupa Akta Nikah atau Buku Nikah sebagai Legalitas kekuatan hukumnya dan perlindungan hukum terhadap anak yang lahir di bawah tangan dalam perkawinan yang tidak di catat secara negara tidak dipenuhinya norma hukum dalam suatu perkawinan dalam perjalanan kehidupan rumah tangga terjadi ketidak harmonisan, maka pihak yang merasa dirugikan adalah anak karena seorang anak yang pernikahannya tidak didaftarkan berdasarkan pasal 65 ayat A secara undang-undang tidak memenuhi prosedur hukum dan tidak mempunyai kekuatan hukum untuk menuntut haknya sebagai anak.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Tinjauan yuridis, Perkawinan di bawah tangan, UU Nomor 1 Tahun 1974
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: UPT PPJ
Date Deposited: 04 Feb 2024 09:28
Last Modified: 04 Feb 2024 09:28
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19896

Actions (login required)

View Item View Item