KOMUNIKASI POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK EMOSI ANAK USIA DINI (studi kasus psikologi komunikasi pada ibu rumah tangga di Kelurahan Kuin Utara)

Ramadhina, Khairunnisa (2024) KOMUNIKASI POLA ASUH ORANG TUA DALAM MEMBENTUK EMOSI ANAK USIA DINI (studi kasus psikologi komunikasi pada ibu rumah tangga di Kelurahan Kuin Utara). Diploma thesis, Universitas Islam Kalimantan MAB.

[img] Text
Abstrak.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Lembar Pengesahan.pdf

Download (18kB)
[img] Text
Pernyataan Keaslian Skripsi.pdf

Download (73kB)
[img] Text
PENGESEHAN KHAIRUNNISA.pdf

Download (161kB)

Abstract

Pada anak usia dini pembentukan emosional sangat penting apalagi anak. Di kelurahan Kuin Utara ini peneliti banyak menemukan anak yang perilakunya tidak sesuai dengan usianya dan melihat adanya kekerasan pada anak. Emosional ada banyak: senang, sedih, sakit, nyaman, gelisah, jijik, marah, terkejut, bingung. Kebanyakan orang tua di Kelurahan Kuin Utara masih belum memahami apa itu emosi, masih berfikir bahwa emosi itu tandanya marah dan sesuatu hal yang tidak menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola asuh yang dapat membantu anak mengendalikan dirinya atau emosinya dan membantu orang tua menyesuaikan diri terhadap karakter anaknya agar anak dapat memvalidasi emosi maupun berekspresi. Teori komunikasi psikologi membantu penelitian ini karena membahas tentang mental dan behavior, dengan teori ini peneliti dapat membahas tentang psikologi manusia dan kesehatan mental pada anak usia dini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data digunakan dengan studi kasus wawancara, observasi, dokumentasi. Hasil yang ditemukan 1 informan memakai pola asuh otoriter yang mana adanya kekerasan dan hukuman, 4 Informan lainnya menggunakan pola asuh Demokratis yang mana lebih mementikan anak dan meperhatikan kebutuhan dan keinginan anak. 3 Informan adalah orang tua yang komunikatif sehingga dapat menyelesaikan masalah dengan mudah dan 2 lagi termasuk orang tua yang pasif sehingga untuk menyelesaikan masalah cukup sulit bagi mereka, yang mana orang tua komu nikatif paham dengan karakter anaknya masing-masing dan yang pasif tidak paham dengan karakter anaknya.

Item Type: Thesis (Diploma)
Uncontrolled Keywords: Psikologi Komunikasi, Pola Asuh Anak, Pola Asuh Orang Tua, Membentuk Emosional Anak, Emosi Anak Usia Dini.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: Khairunnisa Ramadhina
Date Deposited: 06 Mar 2024 05:11
Last Modified: 06 Mar 2024 05:14
URI: http://eprints.uniska-bjm.ac.id/id/eprint/19933

Actions (login required)

View Item View Item